Uji Coba Pencocokan Data, Pertamina Pastikan Transformasi Distribusi LPG 3 Kg Subsidi Tepat Sasaran

Uji Coba Pencocokan Data, Pertamina Pastikan Transformasi Distribusi LPG 3 Kg Subsidi Tepat Sasaran

Gubernur Sumsel Herman Deru (baju batik) ikut dalam uji coba pencocokan data dan transaksi digital LPG 3 Kg di pangkalan resmi bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Jumat 1 September 2023.--Doc.radarpalembang.disway

BACA JUGA:4 Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Sangat Berguna di Musim Kemarau

Pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan di sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 Kg  tanpa perlu penggunaan smartphone atau gadget milik konsumen,"ungkap Zibali Hisbul Masih.

Sebelumnya pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan pada sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 Kg tanpa perlu penggunaan atau memilki smartphone atau gadget milik konsumen. 

pencocokan data disinergikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Jika NIK (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sudah terdata di P3KE dan datanya cocok, konsumen dapat langsung bertransaksi pembelian LPG 3 Kg di sub penyalur atau pangkalan resmi. 

BACA JUGA:Wow! Ini Cara Bayar BPJS Pakai DANA Diskon 50 Persen, Cek Syarat dan Ketentuannya di Sini

Namun jika belum terdata dapat mendaftarkan NIK KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi.

"Untuk uji coba saat ini fokus kepada pencocokan dan pendataan konsumen LPG Subsidi 3 Kg secara digital dengan penyaluran sesuai kuota yang telah ditetapkan,"ungkap Zibali Hisbul Masih.

Perubahan hanya pada skema transaksi, terdapat pencatatan dan pengecekan data secara digital terlebih dahulu sebelum bisa bertransaksi.

Pertamina terus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Hiswana Migas dalam melakukan pengawasan program LPG tepat sasaran dan memberikan sanksi terhadap Agen, Pangkalan atau oknum yang melakukan berbagai bentuk penyalahgunaan LPG 3 Kg bersubsidi.

BACA JUGA:Terbaru, Cara Cairkan Pinjol Easycash Limit Rp 50 Juta

Pertamina menghimbau masyarakat agar bijak dan tidak melakukan pembelian secara berlebih serta tidak meniagakan kembali LPG 3 Kg. 

Selain itu, Pertamina juga menghimbau masyarakat menggunakan LPG Nonsubsidi seperti Brightgas 5,5 Kg dan 12 Kg bagi masyarakat mampu.

Apabila masyarakat memerlukan informasi mengenai produk, maka dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

BACA JUGA:Herman Deru Akui Heri Amalindo Berjasa Membangun Infrastruktur

Sumber: