Tokopedia Ungkap Tren Transaksi Belanja Online di Sumsel Tertinggi di Semester I
Tokopedia Ungkap Tren Transaksi Belanja Online di Sumsel Tertinggi di Semester I--
PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Menyambut usia ke-14 tahun ini, Tokopedia terus gencar menghadirkan beragam inisiatif salah satunya melalui Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk mendukung para UMKM lokal agar terus berkembang, termasuk di Sumatra Selatan.
Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Aziz mengatakan, “Inisiatif Hyperlocal Tokopedia menjadi salah satu upaya Tokopedia untuk membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, untuk memulai dan membangun bisnis hingga makin meraja di negeri sendiri.
Bahkan riset Tokopedia dan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) 2019-2021 menunjukkan bahwa rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal Tokopedia tercatat 1,26 persen, sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78 persen,"
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia berdampak positif dalam mendorong peningkatan jumlah transaksi, pembeli, penjual di Sumatra Selatan.
BACA JUGA:Ini Alasan Penggunaan Fitur Bagikan Alamat Tokopedia Meningkat, Cek Cara Pengunaanya di Sini
“Data internal Tokopedia mencatat bahwa Kota Palembang, Kab. Muara Enim, dan Kota Prabumulih merupakan Kota dan Kabupaten di Sumatra Selatan dengan jumlah transaksi, pembeli, dan penjual tertinggi pada semester I 2023,” terang Rizky.
Lebih lanjut Rizky mengungkapkan bahwa kategori Kebutuhan sehari-hari atau Groceries, Elektronik, Fesyen, Rumah Tangga, dan Olahraga, Hobi dan Gaya Hidup menjadi kategori yang paling laris di Sumatra Selatan pada Semester I 2023.
"Saat ini tercatat sudah ada lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia yang bisa dijangkau oleh masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia.
Ini pun terlihat lewat pengiriman terjauh dari Sumatra Selatan pada semester I 2023 terjadi dari Kab. Musi Rawas ke wilayah Kota Jayapura (Papua),"kata Rizky, Jumat 25 agustus 2023.
BACA JUGA:Pendapatan Naik Signifikan, Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas
Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat bahwa kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Home Living Salebration, Tokopedia Garage, Tokopedia Tekno, dan Serbu Official Store merupakan kampanye yang paling banyak diikuti oleh para pengguna Tokopedia di Sumatra Selatan selama semester I 2023.
Sementara itu, di wilayah Sumatra Selatan, beberapa produk digital yang paling populer sepanjang semester 1 2023 di antaranya Upgrade Internet dan TV, E-Invoicing, Angsuran Kredit, Properti, dan Tagihan Gas dengan rata-rata kenaikan hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan semester 1 2022.
Tren Transaksi Tokopedia Affiliate Meningkat di Sumatra Selatan
Tokopedia Affiliate merupakan program yang dihadirkan Tokopedia yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk mempromosikan produk milik penjual melalui link afiliasi.
Sumber: