Pencuri Motor Ini Ungkap Alasan Honda BeAT dan Vario Paling Banyak Jadi Incaran Maling

Pencuri Motor Ini Ungkap Alasan Honda BeAT dan Vario Paling Banyak Jadi Incaran Maling

Inilah Alasan Mengapa Honda BeAT dan Vario Paling Banyak Jadi Incaran Para Pelaku Pencurian Kendaraan Roda Dua--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Saat ini marak terjadi aksi pencurian terhadap kendaraan bermotor khusunya roda dua dibeberapa daerah terutama di Jakarta.

Mayoritas kendaraan yang menjadi incaran para pencuri ini adalah jenis skuter matic. Adapun Skuter matic yang jadi incaran pencuri saat ini adalah Honda Beat, Honda Vario dan Honda Scoopy.

Seperti yang terjadi di Jakarta, Polisi dari Polsek Tambora berhasil mendapatkan informasi dari tersangka kasus pencuri sepeda motor mengenai jens kendaraan yang paling sering menjadi incaran pelaku pencurian.

Keterangan tersebut didapat dari tersangka OA (24) yang merupakan residivis kasus pencurian kendaraan bermotor. Setidaknya OA sudah tiga kali ditangkap Polisi untuk kasus yang sama.

BACA JUGA:Pengaman Magnet Bisa Dibobol, Kunci Setang Kanan Lebih Efektif Cegah Pencurian, Ini Faktanya

"Motor favorit diambil yaitu Honda BeAT, Vario dan Scoopy. Tiga itu saja mayoritas. Yamaha ada juga seperti Nmax, tapi jarang," ujar OA, Kamis, 3 Agustus 2023.

OA mengungkapkan alasan kenapa hanya ketiga motor Honda itu yang paling sering menjadi incaran. Sebab, selain mudah dibobol, ketiga kendaraan tersebut juga mudah dijual kembali ke penadah.

"Mayoritas hanya tiga itu saja, sebab mudah dijebol. Paling mudah di antara motor yang lain. Itu mudah dijual juga, mudah ngambilnya, beda dengan motor lain," ungkapnya.

OA juga menjelaskan kalau fitur keamanan berupa penutup kunci magnet pada Honda BeAT mudah sekali untuk dibobol. Cukup dengan bantuan magnet untuk membukanya.

BACA JUGA:Deretan Motor Bekas dengan Harga Rp 2 Jutaan, Cocok Buat yang Punya Budget Minim

Tak butuh waktu lama bagi OA mencuri motor-motor tersebut, cukup hitungan detik. Itulah mengapa, dia bisa menggasak banyak kendaraan dalam sehari.

"Hitungan detik. Paling lama satu menit (itu sudah untuk mengintai). Tapi untuk ngambilnya paling 5 sampai 10 detik," kata dia.

Diketahui Fitur shutter key atau penutup kunci bermagnet pada beberapa sepeda motor saat ini dinilai masih belum efektif dan masih lemah untuk mencegah kendaraan dicuri.

Dari beberapa fakta rekaman CCTV menunjukan kalau hanya dalam waktu 5 detik pencuri dapat membobol kunci kontak sepeda motor meski sudah dipasang penutup kunci bermagnet.

Sumber: