10 Cara Tumbuhkan Minat Literasi pada Anak Sejak Dini yang Bisa Orang Tua Lakukan

10 Cara Tumbuhkan Minat Literasi pada Anak Sejak Dini yang Bisa Orang Tua Lakukan

10 Cara Tumbuhkan Minat Literasi pada Anak Sejak Dini yang Bisa Orang Tua Lakukan--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Menumbuhkan minta literasi pada anak sejak dini adalah salah satu hal yang perlu dilakukan para orang tua sekarang ini.

Sebab dengan literasi anak akan berdampak positif bagi akademi si anak dan juga mempermudah dirinya untuk berkomunikasi di lingkungannya.

Seperti diketahui literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, dan memahami informasi secara kritis. Hal ini melibatkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang diperoleh.

Selain itu, literasi juga mencakup pemahaman budaya, nilai, dan norma yang ada dalam masyarakat. Dengan memiliki literasi yang baik, seseorang dapat berpartisipasi aktif dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi.

BACA JUGA:10 Tips Agar Aktif di Kampus, Biar Kamu Gak Jadi Mahasiswa Kupu-kupu

Guna menumbuhkan minat literasi pada anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan prara orang tua. Berikut ini beberapa cara untuk menumbuhkan minat literasi pada anak sejak dini.

1. Membaca bersama

Luangkan waktu untuk membaca bersama anak, baik itu buku cerita, buku anak-anak, atau bahan bacaan yang sesuai dengan minat mereka.

Ajak mereka berpartisipasi dalam membaca dengan bergantian membacakan cerita atau mengajak mereka membaca beberapa bagian.

2. Menyediakan akses ke berbagai bahan bacaan

BACA JUGA:Ingat! Jangan Pernah Lakukan 4 Hal ini Bila Ingin Anak Anda Sukses

Pastikan ada banyak buku, majalah, komik, dan materi bacaan lainnya di rumah. Perhatikan minat dan preferensi anak dan pilihlah bahan bacaan yang sesuai dengan minat mereka.

Dorong mereka untuk memilih buku sendiri ketika mereka ingin membaca.

3. Dukungan dan penanaman minat

Sumber: