Cuaca Buruk Landa Palembang, Berikut 7 Faktor yang Pengaruhi Curah Hujan

Cuaca Buruk Landa Palembang, Berikut 7 Faktor yang Pengaruhi Curah Hujan

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya intensitas curah hujan di suatu daerah--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Curah buruk tengah melanda kota PALEMBANG dalam beberapa hari belakangan. Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terjadi sepanjang hari di PALEMBANG.

Namun hal ini ternyata terjadi bukan hanya di Palembang namun juga hamoir seluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) bahkan di Indonesia.

Hujan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama dapat berakibat bencana seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Banjir Bandang melanda beberapa kecamatan di kabupaten ogan komering ulu selatan.

Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kabupaten tersebut sejak malah hari mengakibatkan meluapnya aliran sungai Muara Dua kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA:WASPADA! Cuaca Panas di Sumsel Meningkat, Tercatat Ada 425 Titik, Simak Wilayah Berikut

Tinggi rendahnya intensitas curah hujan di suatu daerah ternyata dipengaruhi berbagai faktor, mulai dari tinggi rendahnya lokasi, Arah Angin, Suhu udara, dan lain-lain.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya intensitas curah hujan di suatu daerah

1. Pegunungan

Adanya pegunungan yang berjajar disuatu wilayah menentukan seberapa banyak curah hujan ditempat tersebut.

BACA JUGA:Cuaca Makkah Panas, Ini Imbauan untuk Jemaah Haji Indonesia

Hal ini dikarnakan gunung-gunung tersebut menghalangi awan yang membawa air.

Akibatnya adalah awan tersebut tidak dapat menurunkan air hujan ditempat yang terletak dibalik pegunungan, daerah-daerah yang dekat pegunungan akan memiliki curah hujan yang rendah.

2. Angin Monsun

Angin Monsun adalah angin yang berada di Asia dan Australia, angin yang disebut juga dengan angin musim ini memiliki karakteristik yang berbeda, dimana angin Australia kering sedangkan angin Asia lebih lembab.

Sumber: