Hobi jadi Cuan, Bonsai Rp 250 Juta Bikin Terkagum-kagum

Hobi jadi Cuan, Bonsai Rp 250 Juta Bikin Terkagum-kagum

Salah satu bonsai dalam ajang Pameran Nasional Bonsai di OKU Timur yang harganya mencapai ratusan juta rupiah.-edward ferdinant/radarpalembang.disway-

MARTAPURA, RADARPALEMBANG.COMHobi bisa datangkan cuan. Salah satunya dari Hobi tanaman bonsai yang nilainya mencapai Rp 250 juta.

Hal ini dapat dilihat di Pameran Nasional Bonsai Sumeks 2023 yang digelar di Lapangan Taman Tani Merdeka (TTM) Martapura. Berbagai bonsai sukses memukau pengunjung yang hadir.

Dari 551 bonsai yang dipamerkan, beberapa bonsai mengundang decak kagum pengunjung yang tidak hanya berasal dari OKU Timur saja, melainkan dari Kabupaten dan Provinsi tetangga seperti Lampung dan Bengkulu.

Selain bentuk yang unik dan warna bonsai yang terlihat tampil beda, terdapat beberapa bonsai dengan harga ratusan juta rupiah, mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 250 juta. Pameran bonsai yang dilaksanakan Sumeks dan Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) OKU Timur ini berlangsung dari 21 hingga 25 Juni 2023 mendatang.

BACA JUGA:Peserta Luar Provinsi Ramaikan Kontes Bonsai Nusantara

Ketua PPBI Cabang OKU Timur Novan Joeffen mengatakan, peserta pameran bonsai tidak hanya berasal dari Sumsel saja, melainkan juga dari provinsi Lampung hingga Jawa Timur.

"Pameran bonsai ini mempertandingkan 3 kategori yaitu Madya diikuti 47 pohon, kelas Pratama yang diikuti 145 pohon dan kelas Prosfek yang diikuti 359 pohon," ujar Novan.

Adapun asal pohon bonsai yang ditandingkan ini Sumsel, Lampung, Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta hingga Bengkulu. "Adapun jenis pohon dari bonsai yang ditandingkan mulai dari pohon anting putri, beringin kimeng, asoka, sapu sapu, waru hingga pohon anggur Brazil," jelasnya.

Selain pameran nasional bonsai, juga dilaksanakan Kicau Mania Gubernur Cup 1 dan jalan santai  bersama Gubernur dengan hadiah utama umroh dari Gubernur. (*)

Sumber: