Hanya Muara Enim Pengelolaan Keuangan Daerah Akuntabel, Efektif dan Efisien, Pemda Lainnya Bagaimana?

Hanya Muara Enim Pengelolaan Keuangan Daerah Akuntabel, Efektif dan Efisien, Pemda Lainnya Bagaimana?

Foto kiri ke kanan, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Agus Fatoni, Direktur Utama BSB Achmad Syamsudin, Direktur Bisnis BSB Antonius Prabowo Agro usai launching digitalisas-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

BACA JUGA:Jalin Sinergi, Direktur BSB dan Bank Mandiri Jalan Santai di Kambang Iwak Palembang

12. Belitung, Babel.

Bank Sumsel Babel atau BSB berkomitmen siap membangun SIPD dan siap berperan aktif untuk ekosistem keuangan daerah.

Salah satu komitmen dari Bank Sumsel Babel atau BSB yaitu dalam pengelolaan pendapatan dan pengeluaran daerah.

"Semua transaksi keuangan (Pemerintah Daerah) masuk dan keluar jadi dalam sistem ini (SIPD),"jelas Direktur Utama Bank Sumsel Babel atau BSB, Achmad Syamsudin.

BACA JUGA:Kinerja BSB 2022, Cetak Laba Rp701 Miliar dan Bagi Dividen Rp322 Miliar

Bank daerah ini menargetkan semua pemerintah daerah di Provinsi Sumsel dan Babel bisa segera terintergasi layanan SIPD di Bank Sumsel Babel atau BSB.

"Target kita (BSB) pemanfaatan ini (SIPD) di seluruh pemerintah daerah,"kata Achmad Syamsudin.

Meski demikian, saat proses launching digitalisasi transaksi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), baru satu pemda sudah terintegrasi secara keseluruhan.

Saat ini, baru Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang terintegrasi seluruh sistem transaksinya secara digital melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Bank Sumsel Babel atau BSB.

BACA JUGA:Undian Tabungan Pesirah BSB Lahat, Imanulah Tak Pernah Mimpi Dapat Hadiah Toyota Yaris

Target pemanfaaatan ini (SIPD) seluruh pemerintah daerah, (pengguna) SIPD ada 6 daerah di Sumsel dan 6 daerah di Babel jadi total targetnya tahun ini ada 12 pemda yang terintegrasi SIPD BSB,”ujar Achmad Syamsudin.

Bagi yang sudah tergabung dengan SIPD Bank Sumsel Babel atau BSB, maka pembayaran bisa dilakukan segera, realtime, meskipun di hari libur.

"Keuntungannya, bagi pemda yang tergabung di SIPD Bank Sumsel Babel, maka setiap transaksinya akan realtimne, Minggu hari libur juga bisa pembayaran, tak menunggu hari kerja,"ujar Achmad Syamsudin.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) secara simbiolis dari Bank Sumsel Babel kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dari Dirut BSB kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Sumber: