Mengenal Gateball yang Dimainkan Gubernur Sumsel, Ternyata Sudah ada Sejak 1947

Mengenal Gateball yang Dimainkan Gubernur Sumsel, Ternyata Sudah ada Sejak 1947

Gubernur Sumsel Herman Deru melakukan pemukulan bola saat gelaran Gateball Gubernur Cup di halaman kantor Pemprov Sumsel.-humas pemprov sumsel-

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM – Saat merayakan hari jadi ke-77 Pemprov Sumsel, salah satu event yang digelar adalah kejuaran gateball.

Terdengar asing, ternyata olahraga gateball sudah ada sejak tahun 1947.
Gateball ini mirip dengan croquet yang sangat popular di benua Eropa. Hanya saja, ada sejumlah modifikasi.

Gateball merupakan olah raga baru yang bisa dimainkan secara rileks dan diyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Permainan ini mmenggunakan stik yang digunakan untuk memukul dan mengarahkan bola agar bisa masuk ke tiga gawang (gate) dan goal-pole sebagai titik akhir.

BACA JUGA: Kloter I Sumsel Berangkat, Gubernur Pesan Ini, Jemaah Haji Lain Wajib Tahu

Olahraga gateball biasa dimainkan oleh dua tim, merah dan putih. Jumlah tim terdiri dari lima orang. Tim merah memegang bola bernomor ganjil (1,3,5,7,9), sedangkan tim putih memainkan bola genap (2,4,6,8,10).

Mengutip dari Wikipedia, olahraga ini pertama kali dicetuskan oleh Suzuki Kazunobu di Jepang pada tahun 1947, sebagai hasil modifikasi terhadap permainan croquet yang berasal dari benua Eropa.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Herman Deru saar membuka turnamen  Gateball Gubernur Cup, menegaskan, digelarnya kegiatan ini sebagai sarana menjaga kekompakan dan keakraban antar sama tim, Sabtu, 27 Mei 2023.

Selain itu, juga sebagai cara mempromosikan tangkai olahraga Gateball agar lebih dikenal oleh masyarakat. “Mudah-mudahan kegiatan kejuaran  gateball ini bisa menjadi pengikat mengeratan tali silaturahmi  antar klub dan  komunitas. Lewat Olahraga  kita tidak saja  mencari keringat tapi suasana kegembiraannya yang  tinggi,” katanya.

BACA JUGA:Setelah 43 Tahun, Ada Gubernur yang Sholat di Masjid Nurul Hidayah

Sementara Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad menyebut, kejuaran Gateball Gubernur Cup yang digelar kali ini merupakan tindak lanjut dari keinginan Gubernur Herman Deru saat pelantikan  Pergatsi Sumsel sebelumnya.

"Saat itu Pak  Gubernur  menginginkan diadakan  pertandingan Gateball Gubernur Cup dirangkaikan dengan HUT Provinsi Sumsel ke-77," jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pada pertandingan Gateball kali ini  melibatkan berbagai kalangan, di antaranya pertandingan antar OPD, antar instansi, antar kabubapen/kota.  

"Pertandingan Gateball Gubernur Cup hari ini melibatkan 22 tim  terdiri dari OPD, Balai Kementerian  PU, Pertamina ada juga dari Kabupaten  OKU timur dan beberapa club. Kedepan kita akan merambah anak-anak SMA melalui Dinas Pendidikan," tandasnya. (*)

Sumber: