Banggakan Indonesia, Dua Siswa SMAN Sumsel Raih Medali Emas Penelitian Internasional

 Banggakan Indonesia, Dua Siswa SMAN Sumsel Raih Medali Emas Penelitian Internasional

Muhammad Hasyim Hudoyo dan Rini Aprilia yang berhasil meraih medali emas dalam ajang kompetisi penelitian bergengsi tingkat internasional, Vilipo.-sman sumsel-

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM - Prestasi yang membanggakan nama Indonesia datang dari SMAN Sumatera Selatan. Mereka berhasil meraih medali emas dalam ajang kompetisi penelitian bergengsi tingkat internasional, Vilipo yang dihelat pada 13 Mei 2023 lalu.

Mereka adalah Muhammad Hasyim Hudoyo dan Rini Aprilia. Hasyim–anak dari Agus Dwi Suprapto dan Azriyani yang berprofesi sebagai sopir dan ibu rumah tangga yang berasal dari Palembang.

Sementara Rini adalah putri dari Said Aldisyar dan Martini Ariani yang berprofesi sebagai pegawai bengkel dan ibu rumah tangga yang berasal dari Musi Banyuasin.

Penelitian berjudul Plactor (Innovation of Leaf- Proof Ceiling by utilization of Water Hycinth fiber, Moringa Leaves and Plastic Waste as Particle Board in Ceiling Aplications), tidak hanya bertujuan menciptakan alternatif material bahan bangunan melainkan juga mengatasi limbah plastik.

BACA JUGA:Sabet Gelar Kehormatan di ISPO, SMAN Sumsel Raih Kesempatan Kompetisi VILIPO

Setelah melalui proses yang panjang sejak Desember 2022 hingga April 2023, dari masalah penyiapan sampel plafon yang gagal terus-menerus hingga kendala pendanaan untuk mengikuti kompetisi Vilipo yang mengharuskan mereka terbang ke Lithuania.

Kesuksesan kedua anak tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Provinsi, yakni Gubernur Sumatera Selatan, Kepala SMAN Sumatera Selatan, para guru dan staf di SMAN Sumatera Selatan, dan terkhusus pembimbingan dari Nur Padmi Tyastuti SPd MT yang selalu mendukung Hasyim dan Rini hingga tahap ini.

“Hasyim dan Rini berharap mereka bisa membanggakan Provinsi Sumatera Selatan dan tentunya Indonesia di mata dunia dengan prestasi yang gemilang ini. Learn Today, Lead Tomorrow!” tegas Iswan Djati Kusuma SPd MSi, Kepala SMAN Sumatera Selatan. (*)

Sumber: