Pusat Pariwisata Sumatera, Bengkulu, Bangka, Lampung, Medan Minggir Dulu

Pusat Pariwisata Sumatera, Bengkulu, Bangka, Lampung, Medan Minggir Dulu

Jembatan Ampera yang menjadi icon Kota Palembang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.-dok radar palembang-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Pusat pariwisata di pulau Sumatera akan memiliki kiblat baru. Palembang kemungkinan akan menggeser Medan, Lampung, dan Padang.

Selama ini, kunjungan wisatawan di pulau Sumatera didominasi tiga provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Lampung.

Hal ini tercermin dari dari data Badan Pusat Stastik (BPS) RI per 2022, yang mencatat Sumut dengan 21,8 juta pengunjung, lalu Sumbar ada 10,7 juta, Lampung juga dengan 10,7 juta wisatawan yang datang.

Kemudian ada 9 juta yang ke Riau, Sumsel mengikuti dengan 8 juta wisatawan. Selebihnya ke provinsi lain di Sumatera, dengan kunjungan paling kecil ke Bangka Belitung dengan 1,5 juta terpaut sedikit dari Bengkulu dengan 1,9 juta orang, dan Kepulauan Riau hanya 782 ribu wisawatan.

BACA JUGA:Sriwijaya Travel Fair 2023 Beda dari Tahun Sebelumnya, Intip Bocorannya, Bisa jadi Cuan untuk UMKM

 

Namun, Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumsel punya prediksi baru terkait pusat pariwisata di Sumatera ini.

Ketua DPD Masata Sumsel Herlan Asfiudin memprediksi, Kota Palembang punya prospek untuk menjadi pusat pariwisata di Sumatera.

Alasannya sederhana, kata Herlan, Kota Palembang memiliki infrastruktur yang lebih mudah dijangkau dibandingkan kota lain di Sumatera.

Ia mencontohkan, akses untuk ke kota lain seperti Bali, Jakarta, atau Singapur, lebih dekat dari Palembang daripada Medan. “Itu hanya contoh kecil,” ujarnya, Rabu, 17 Mei 2023.

BACA JUGA:Baru Opening, Family Spa & Reflexology Kualitas Premium di Palembang, hanya di Moris

 

Pria dengan sapaan Babe ini lantas menceritakan, pengalamannya yang sudah puluhan tahun berkecimpung di industri pariwisata.

“Pariwisata Sumsel sekarang sudah jauh lebih baik. Bisa tergolong maju,” beber dia.

Sumber: