Gubernur Bangga OKU Timur Sukses Tuan Rumah PEDA KTNA Sumsel

Gubernur Bangga OKU Timur Sukses Tuan Rumah PEDA KTNA Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku sangat bangga pelaksanaan dan pembukaan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke - XV Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 di Kabupaten OKU Timur. -Ist -

MARTAPURA, RADARPALEMBANG.COM - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku sangat bangga pelaksanaan dan pembukaan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke - XV Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 di Kabupaten OKU Timur, yang resmi dibuka Rabu, 10 Mei 2023,  berlangsung sukses dan meriah.

Hal ini diungkapkan Gubernur saat membuka PEDA KTNA yang dipusatkan di lapangan KONI Belitang. "Kita bangga, begitu siapnya tuan rumah, ini menandakan komitmen masyarakat dan pemerintah OKU Timur memang luar biasa untuk pertanian. Pada kesempatan ini, saya berpesan jangan sia-siakan waktu yang singkat ini, karena kita tidak hanya mengikuti pertemuan namun juga memecahkan masalah pertanian, kita ketahui permasalahan pertanuan di setiap kabupaten kota pasti berbeda-beda," ujar Gubernur.

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah berkokitmen untuk bisa menekan lossis guna meningkatkan produksi. Dimana target lossis tersebut maksimal harus 5 persen saja.

"Untuk itu Pemprov Sumsel membuat inovasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), kita harus kerja keras mengubah mindset masyarakat dari konsumtif menjadi produktif, dari membeli menjadi menghasilkan sendiri. Kita sama sama memohon ridho Allah SWT semoga PEDA KTNA ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran untuk kemajuan pertanian di Sumatera Selatan," ungkapnya.

BACA JUGA:Catat Ini Tanggal Hoki di Bulan Mei 2023, Mau Menikah, Beli Mobil, Hingga Buka Usaha Cocokin Dulu Tanggalnya

Ketua Pelaksana PEDA KTNA Ke XV HM Basyir DA menyampaikan, PEDA KTNA Sumsel merupakan ajang untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman antar-sesama petani dan nelayan di Sumatera Selatan. Kegiatan ini juga sekaligus tempat berkompetisi antar satu dengan yang lainnya menjadi yang terbaik di bidang pertanian.

"Terima kasih kami kepada para pelaksana dan instansi terkait yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan PEDA KTNA Sumsel Ke XV ini, saya kagum PEDA di OKU Timur ini hampir sama seperti PENAS KTNA, hadir lengkap Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota. Lebih istimewa lagi hadir para Bupati dan Walikota se Sumsel," ujarnya.t

Selain itu, pada acara ini bertabur penghargaan-penghargaan di bidang pertanian. "Kita akan menghadapi PENAS pada bulan depan, Melihat Pembukaan di OKU Timur ini, jangankan PEDA, PENAS pun pasti akan sukses," tutupnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur Ir H Lanosin mengatakan, sebagai tuan rumah, pihaknya berusaha agar PEDA ini dapat berjalan sukses. "Hari ini kita berhasil membuat Rekor MURI asap cair 100 alat yang telah dilaksanakan di BK 9, semoga dapat menjadi contoh bagi Kabupaten Kota lainnya. Kemudian Rekor MURI sajian klanting terbanyak untuk membantu UMKM penjual klanting. Saya harap kita mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk membantu pertanian di bumi kita ini," ucap Bupati Enos.

BACA JUGA:Ini Daftar Pemenang Pilmapres 2023 LLDIKTI Wilayah II, Cek Nama Kamu Disini

Tampak hadir Bupati/Walikota se-Sumsel, Ketua TP PKK Sumsel, Ketua KORMI Sumsel, Wakil Bupati OKU Timur, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Timur, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Sumsel, Anggota DPRD OKU Timur, Kepala OPD Provinsi Sumsel, Forkopimda dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab OKU Timur.(*) 

Sumber: