Wow, Aplikasi DANA Bisa Digunakan di Malaysia

Wow, Aplikasi DANA Bisa Digunakan di Malaysia

Ilustrasi transaksi menggunakan QR Code.--doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – DANA sebagai penyedia jasa pembayaran nonbank kembali mendukung implementasi pembayaran kode QR lintas negara, baik sebagai issuer maupun acquirer. 

Setelah Thailand, kini masyarakat Indonesia yang melancong ke Negara Malaysia dapat memindai QR Cross Border atau DuitNow QR Code di toko yang berpartisipasi dalam skema ini melalui aplikasi DANA. 

Begitu pula turis Malaysia yang melancong ke Indonesia, dapat melakukan pembayaran di merchant QRIS DANA melalui aplikasinya.

“Sebuah kebanggaan bagi DANA   yang terus dipercaya sebagai dompet digital pertama untuk menerapkan QR Cross Border di Malaysia,”kata Vince Iswara, CEO and Co-Founder DANA Indonesia, Selasa 9 Mei 2023.

BACA JUGA:Harga Emas Nyaris Tembus Rp 600 Ribu Per Setengah Gram, Cek Harganya Disini

Langkah ini memberikan pengalaman bertransaksi digital yang optimal di negara-negara penyelenggara QR Cross Border, karena itu membekali dompet digital DANA dengan teknologi yang aman dan tepercaya. 

“Harapannya, keikutsertaan DANA dalam implementasi QR Cross Border, dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari Bank Indonesia,”ungkap Vince Iswara.

Agenda standarisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara merupakan salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022. 

Inisiatif ini adalah langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi. 

BACA JUGA:Modal Rp100.000, Investasi Reksa Dana Pasar Uang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan

Pembayaran lintas negara pun diawali dengan dengan negara Thailand pada Agustus 2022 lalu dan dilanjutkan dengan negara Malaysia, setelah melewati fase uji coba dan fase komersial.

Selain mengimplementasikan QR Cross Border, partisipasi DANA dalam mendorong adopsi QRIS di Indonesia masih terus dijalankan dengan berbagai upaya. 

Caranya baik melalui kemudahan proses onboarding mitra maupun menjaga keamanan pembayaran bertransaksi digital. 

“DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 24,9 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran,”ujar Vince Iswara.

Sumber: