Awal Mei, Harga Cabai Anjlok Rp 16 Ribu per Kilo, Bawang Meroket Tinggi

Awal Mei, Harga Cabai Anjlok Rp 16 Ribu per Kilo, Bawang Meroket Tinggi

Harga cabai yang anjlok mulai awal bulan ini di beberapa pasar tradisional kota Palembang, yang dijual Rp16 ribu per kilo.--dokumen radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -Harga beberapa komoditi pangan di sejumlah pasar tradisional kota Palembang masih tinggi.

Padahal hari raya idulfiri 1444 h sudah lebih dua pekan berlalu, namun harga bahan pokok belum juga stabil, malah ada yang terus naik. 

Harga yang menonjol tinggi antara lain harga ayam potong yang masih diatas Rp30 ribu, bervariasi mulai Rp32 ribu per kilo sampai dengan Rp35 ribu per kilo.

Harga ini turun dibandingkan di akhir bulan April tadi, pasca beberapa hari setelah lebaran yang tembus di harga Rp38 ribu per kilo.

BACA JUGA:Disdik Palembang Tahun 2023 Bakal Terima 1.800 PPPK Guru, Pantau Terus!

Sedangkan harga daging sapi Rp 150 ribu per kilo untuk daging HAS, tulang iga dan daging sop Rp 100 ribu per kilo, tetelan Rp50 ribu per kilo. 

Untuk harga ikan normal, tergantung jenis ikan. Misalnya ikan mujair Rp35 ribu per kilo, ikan patin Rp20 ribu per kilo, ikan lele Rp25 ribu, ikan gurame Rp45 ribu per kilo, ikan sarden Rp28 per kilo, ikan kapau Rp45 ribu per kilo.

Kemudian barang lainnya yang mengalami kenaikan cukup signifikan adalah bawang merah yang dijual Rp32 ribu per kilo, pembeli tidak boleh memilih. Sedangkan bawang merah kualitas baik dijual Rp40 ribu per kilonya.

Harga ini mulai tinggi sejak awal bulan Mei tadi. Bawang putih juga harganya sama, yakni Rp32 ribu per kilo dari harga sebelumnya biasa dijual Rp26 ribu per kilo.

BACA JUGA:Dilarang Masuk! Truk Besar Angkutan Barang di Luar Jam Operasional, Catat Jadwal Berikut

Sementara cabai, harganya anjlok. Lapak penjual cabai ramai oleh antrian pembeli didominasi kelompok ibu-ibu.

Cabai merah besar Rp16 ribu per kilo, cabai merah keriting Rp22 ribu per kilo, cabai ijo besar Rp16 ribu per kllo. cabai rawit-cabai setan Rp30 ribu per kilo, cabai rawit jengki Rp 22 ribu per kilo.

Kenaikan ini dikatakan beberapa pedagang imbas dari masih sedikitnya stok barang yang ada di pasaran setelah lebaran. Sementara permintaan konsumen pasca hari raya terus meningkat dan kembali normal. 

Pantauan ini di beberapa pasar tradisional di kota Palembang, yakni Sekip Ujung, Sekip Semai, KM 5 hari ini, Minggu 7 Mei 2023.

Sumber: