Parah! Bendera Indonesia Terbalik Saat Pembukaan Sea Games 2023, NOC Indonesai Protes CAMSOC

Parah! Bendera Indonesia Terbalik Saat Pembukaan Sea Games 2023, NOC Indonesai Protes CAMSOC

Bendera Indonesia Terbalik Saat Pembukaan Sea Games 2023--

KAMBOJA, RADARPALEMBANG.COM - Sungguh fatal insiden bendera Indonesia terbalik pada pra upacara pembukaan SEA Games 2023.

Insiden bendera Indonesia terbalik ini diketahui terjadi saat pra upacara pembukaan SEA Games 2023 yang ditayangkan live di akun Youtube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

Menyikapai hal tersebut Pemerintah Indonesia melalui Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirim surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

Pelaksanan Tugas Sekretaris Jendral NOC Indonesia, Herry Warganegara, mengatakan atas kejadian tersebut sudah ada permintaan maaf dari tuan rumah kepada Indonesia atas terjadi terbaliknya bendera merah putih.

BACA JUGA:PSSI Bakal Lengserkan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong?

Dalam video  YouTube tersebut nampak saat salah satu penyanyi lokal Kamboja diiringi penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023, para penari yang membawa bendera Indonesia semuanya dalam kondisi terbalik.

Warna merah yang seharusnya di atas justru berkibar secara terbalik, warna putih berada di atas dan merah di bagian bawah.

Tentu insiden tersebut membuat heboh khususnya netizen Indonesia, dan berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali. 

Insiden terbaliknya bendera merah putih sebelumnya juga pernah terjadi pada SEA Games 2017 Malaysia juga pernah terjadi terbaliknya bendera Indonesia.

BACA JUGA:Gugat Cerai Hakimi, Hiba Abouk Malah Tak Dapat Sepeserpun Harta Gono Gini

Bedanya insiden tersebut terjadi di buku panduan kegiatan.

Pembukaan SEA Games akan digelar di Stadion Maradok Techno, Phnom Penh, Kamboja pada hari Jumat 5 Mei 2023 pukul 19.00 WIB.

SEA Games 2023 merupakan edisi ke 32, diikuti oleh 11 negara ASEAN dan mempertandingkan 36 cabang olahraga. 

Sumber: