Tradisi Sanjo Melalui Silaturahmi Lebaran Warga Pulo Gadung Permai dan Kebun Bunga Palembang Terjaga

Tradisi Sanjo Melalui Silaturahmi Lebaran Warga Pulo Gadung Permai dan Kebun Bunga Palembang Terjaga

TSanjo (silaturahmi) di Kota Palembang di hari lebaran ke rumah-rumah keluarga dan tetangga.sudah menjadi tradisi. masyarakat disini-Iluh Eka Yuliani /radarpalembang.disway-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Lebaran Idul Fitri bagi umat Islam identik dengan kegiatan silaturahmi, berkunjung ke rumah keluarga atau tetangga terdekat.

Kunjungan silaturahmi lebaran di moment Hari Raya Idul Fitri biasanya dibarengi dengan ucapan saling maaf memaafkan satu sama lainnya.

Dengan ucapan Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin, menjadi awal saat bertandang ke rumah keluarga atau tetangga saat silaturahmi lebaran.

Suasana silaturahmi lebaran masih kental terasa di pemukiman atau perkampungan di Palembang, diantaranya kawasan Pulo Gadung Permai KM 9 dan Kebun Bunga KM 9 Palembang.

BACA JUGA:Dinas Dukcapil MUBA Tetap Layani Masyarakat Saat Libur Lebaran Idul Fitri 1444H

Keakraban antar tetangga sangat terasa di saat moment Hari Raya Idul Fitri, dimana warga setempat terlihat ramai saling mengunjungi penduduk setempat dalam suasana silaturahmi lebaran.

Dan istilah silaturahmi lebaran di Palembang yang diterapkan warga Pulo Gadung Permai dan Kebun Bunga KM 9 Palembang dikenal dengan sebutan 'Sanjo'.

Ya, 'Sanjo' sendiri sudah lama menjadi istilah bagi warga Palembang yang ingin bertamu atau mengundang tamu ke rumahnya.

Dan istilah 'Sanjo' biasanya akan semakin akrab didengar kala moment Hari Raya Idul Fitri, saat antar keluarga atau antar tetangga mau silaturahmi lebaran saling maaf memaafkan.

BACA JUGA:Besok Jembatan Ampera Ditutup, Cek Alternatif Akses Sebrangi Sungai Musi di Sini

Biasanya melalui 'Sanjo' saat silaturahmi lebaran, khususnya bagi warga Pulo Gadung Permai dan Kebun Bunga KM 9 Palembang, oenduduk setempat berbondong-bondong berkunjung pada hari raya Lebaran pertama karena pada hari raya kedua dan seterusnya.

Salah seorang warga yang melestarikan tradisi silaturahmi lebaran di Palembang bernama 'Sanjo' yakni bernama Sarnawadi, Sabtu 22 April 2023.

Sarnawadi mengatakan pemukiman penduduk di kawasan Pulo Gadung Permai ini memang selalu ramai saat hari raya Lebaran karena sebagian besar penduduknya adalah orang Sekayu asli yang menempati kawasan tersebut dari awal adanya perkampungan tersebut.

Suasana ramai saat hari raya untuk silaturahmi Lebaran pada pemukiman tersebut dapat dilihat dari jalan masuk pemukiman tersebut yang cukup padat.

Sumber: