Gerindra Lahat Tak Persoalkan Penetapan Dapil

Gerindra Lahat Tak Persoalkan Penetapan Dapil

Ketua DPC Gerindra Lahat, Gaharu SE MM menilai, keputusan KPU RI yang menetapkan menjadi tujuh dapil di Lahat sudah konkret --

LAHAT, RADARPALEMBANG.COM – Daerah Pemilihan (Dapil) anggota DPRD Kabupaten Lahat untuk pemilu 2024 ditetapkan sebanyak 7 dapil tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang Daerah Pemilihan (Dapil) yang telah disetujui KPU RI.

Sementara  untuk alokasi kursi tetap yakni 40. Penetapan itu dilakukan pada bulan Februari 2023 setelah melalui uji publik.

DPC Partai Gerindra Lahat secara umum sepertinya tidak terlalu menyoal penambahan dapil tersebut.

Ketua DPC Gerindra Lahat, Gaharu SE MM menilai, keputusan KPU RI yang menetapkan menjadi tujuh dapil di Lahat sudah konkret dan didasarkan pada letak geografis maupun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang dinilainya ada titik kesesuaian.

BACA JUGA:Gerindra Sumsel Buka Peluang Bacaleg dari Eksternal Partai, Segera Daftar Sekarang

BACA JUGA:Kader Gerindra Muara Enim Tabily Doni SY Bagikan Paket Sembako ke Warga

“Menurut kami penambahan dapil ini sudah sesuai,” tuturnya, Jumat, 24 Maret 2023.

Kata Gaharu, keputusan terkait Dapil dan alokasi kursi tersebut menjadi kewenangan dari KPU RI. Pihaknya di daerah mengikuti saja apa yang sudah diputuskan dalam PKPU nomor 6 tahun 2023 tersebut.

“Kita sama regulasi yang sudah ditetapkan,” ucapnya.

Diketahui penetapan dapil baru ini yakni untuk daerah pemilihan I adalah Kecamatan Lahat dengan 10 kursi. Dapil II, Kecamatan Merapi Barat, Merapi Timur, Merapi Selatan dengan 5 kursi.

BACA JUGA:Gerindra Musi Rawas Gelar Pawai Obor Keliling Desa, Sambut Ramadhan 1444 H

BACA JUGA:DPC Gerindra Lubuklinggau Mengikuti Sosialisasi Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi Pemilu 2024

Dapil III, Pulau Pinang, Gumay Talang, Gumay Ulu, dan Lahat Selatan dengan 4 kursi.

Dapil IV, Kota Agung, Mulak Ulu, Pagar Gunung, Tanjung Tebat dan Mulak Sebingkai dengan 5 kursi. Dapil V yakni Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan Pumi dengan 3 kursi.

Sumber: