TPU Kebun Bunga Tergenang, PUPR Palembang Sarankan Pemprov Bangun Kolam Retensi

TPU Kebun Bunga Tergenang, PUPR Palembang Sarankan Pemprov Bangun Kolam Retensi

Kondisi makam di TPU Kebun Bunga terendam sepanjang Senin 27 Maret 2023.--doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Dinas PUPR Kota Palembang menyarankan harus ada kolam retensi di lokasi Tempat Pemakanan Umum atau TPU Kebun Bunga.

Usulan pembangunan kolam retensi ini sebagai solusi atasi banjir di TPU Kebun Bunga ini disampaikan Dinas PUPR Palembang kepada Pemprov Sumsel. 

Diketahui, sebagian lokasi makam Tempat Pemakaman Umum atau TPU Kebun Bunga pada sepanjang Senin 27 Maret lalu tergenang oleh air.

Kabid SDA IL PUPR Kota Palembang Ir RA Marlina Sylvia ST MSi MSc IPM ASEAN Eng, Selasa 28 Maret 2023 mengatakan lokasi tersebut (TPU Kebun Bunga) tergenang dikarenakan ukuran sungai yang sudah mulai menyempit. 

BACA JUGA:PUPR Palembang Temukan Saluran Air Tertutup di Jalan R Soekamto Sebabkan Banjir

"Ada pengecilan badan anak sungai sedapat menjadi seukuran cross drain di Jalan Nurdin Pandji tersebut," ujar Ir RA Marlina Sylvia.

Selain itu, Dinas PUPR Palembang juga menyarankan kepada Pemprov Sumsel untuk di lokasi Tempat Pemakaman Umum atau TPU Kebun Bunga membutuhkan kolam retensi sehingga genangan atau banjir di lokasi makam tak akan terulang kembali. 

"Selain ukuran sungai harus dikembalikan seperti semula, lokasi tersebut (Tempat Pemakaman Umum atau TPU Kebun Bunga) juga perlu kolam retensi," jelas Ir RA Marlina Sylvia.

Karena itu, Dinas PUPR Palembang sudah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi atau Pemprov Sumsel terkait solusi untuk mengatasi genangan air atau banjir di TPU Kebun Bunga. 

BACA JUGA:PALI Semalam Banjir 1 Meter, BPDB Himbau Anak-anak Jangan Main di Sungai

"Ini kan merupakan jalan provinsi, jadi kewenangan ada di pemerintah provinsi," kata Ir RA Marlina Sylvia.

Sementara itu, salah seorang pengurus makam, Jamaat (58), mengatakan kondisi terendamnya makam ini akibat turunnya hujan dengan intensitas tinggi kurun tiga hari terakhir.

“Kejadian (Banjir di TPU Kebun Bunga) seperti ini terjadi setiap tahun, tapi tahun ini yang terparah, nyaris merendam sebagian besar makam di bawah,” katanya, Senin 27 Maret 2023 siang.

Sebelum ada musibah banjir atau genangan air di TPU Kebun Bunga, diakui, beberapa bulan silam sejumlah instansi terkait termasuk Camat Sukarami, Lurah Kebun Bunga dan pihak terkait lain meninjau secara langsung kondisi malam yang tergenang. 

Sumber: