Ribuan Umat Ikuti Ritual Kirab Kelenteng Wie Lieong Keng

Ribuan Umat Ikuti  Ritual  Kirab Kelenteng Wie Lieong Keng

Peserta ritual kirab Kelenteng Wie Lieong Keng--

 

 

 

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG.COM - Kelenteng Wie Lieong Keng yang terletak di Jalan Karang Anyar Km 7 Palembang menggelar ritual kirab sepanjang 7 km dikawasan Jalan  karya baru Palembang Minggu (12/3/2023).

Kirab ini selain diikuti oleh kelenteng yang ada di kota Palembang juga diikuti oleh kelenteng dari Jakarta, Kerawang, Tangerang,  Tegal dan Surabaya. Total peserta yang meramaikan kirab ini sekitar ribuan umat.

Agong ketua  Kelenteng Wie Lieong Keng mengatakan, kirab ini biasanya digelar rutin setiap tahun jelang perayaan HUT Dewa  Hian Thian Siong Te namun karena beberapa tahun kemarin pandemic sehingga tidak diadakan. “Sekarang digelar kembali dan pesertanya sungguh luarbiasa ada 5 kota di Indonesia  yang ikut meramaikan,”katanya.

BACA JUGA:Renovasi Selesai, Kelenteng Cit Ce Law Gelar Ritual Khokun

Menurut Agong tujuan digelarnya kirab ini tidak lain adalah  memohon kepada thien dan para dewa agar dijauhkan dari marah bahaya diberikan rezeki yang banyak. “Sudah tentu kita berdoa agar Indonesia khususnya Sumsel dan Palembang selalu aman,”ujar nya

BACA JUGA:Suhu Alam, Perhatian Gubernur pada Umat Beragama Luar Biasa

Agong juga menjelaskan, dalam kirab ada 30 dewa yang dibawa keliling mengunjungi 9 kelenteng yang ada di kawasan Jalan Karya Baru setelah mengelilingi kelenteng peserta kembali lagi ke kelenteng Wie Lieong keng.

BACA JUGA:Kelenteng Marga Bee Rayakan Hut Dewi Kwan Im “ Iya start dan finis di kelenteng Wie Lieong keng,”katanya.

Sumber: