Tingkatkan Mutu Menuju Universitas Unggul, UBD Jalin Kerjasama Internasional dengan UNISEL

Tingkatkan Mutu Menuju Universitas Unggul, UBD Jalin Kerjasama Internasional dengan UNISEL

Kerjasama Universitas Bina Darma dengan UNISEL dalam meningkatkan mutu pendidikan menuju UBD unggul.--dok. radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma (UBD) Palembang mengandeng beberapa universitas bergengsi di Malaysia untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, menuju UBD unggul.

Salah satunya adalah Universitas Selangor (UNISEL) yang merupakan universitas pertama milik kerajaan negeri. Kerjasama internasional ini sudah terjalin sejak tahun 2016.

Beberapa kegiatan dan program bersama yang dilakukan kedua belah pihak universitas.

Di antaranya adalah program Sit In mahasiswa yang dikaitkan dengan transfer nilai pada satu mata kuliah tertentu.

BACA JUGA:SMAN 3 Palembang Terima 432 Siswa Baru Tahun Ajaran 2023/2024

Secara total, terdapat lebih dari tiga puluh mahasiswa Universitas Bina Darma yang telah melakukan international program Sit In di UNISEL, salah satunya dari program studi Ilmu Komunikasi.

Dalam rangka melanjutkan kerjasama internasional yang telah dibangun sejak lama, Direktorat Urusan Internasional, Karir, Alumni dan Kerjasama, yang diketuai Dr. Yanti Pasmawati bersama dengan tim Pascasarjana Universitas Bina Darma mengirimkan delegasi.

Delegasi yang dipimpin oleh Prof. Isnawijayani, Ph.D kembali melakukan lawatan ke UNISEL Malaysia pada tanggal 10 Februari 2023.

Kunjungan pihak Universitas Bina Darma  diterima langsung oleh Prof. Dr. MD. Sidin Ahmad Ishak, Vice President & Deputy Vice Chancellor for Academic, Research and Industrial Engagement.

BACA JUGA:Mahasiswa UBD Dikukuhkan Jadi Relawan Pajak 2023 di Kanwil DJP Sumsel

UNISEL menerima delegasi dari Universitas Bina Darma dengan semangat baru pasca pandemic Covid-19 untuk meneruskan kerja sama program Sit In yang saat ini telah berubah menjadi Mobility Program.

Program yang telah berjalan sukses ini akan dilanjutkan dengan program baru yang lebih spesifik dalam meningkatan kualitas internasional mahasiswa dan dosen.

Program tersebut adalah Join Co-Supperviser dan International External Examiner bagi tugas akhir dan Thesis mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Dalam waktu dekat program akan dimulai dari Magister Ilmu Komunikasi (S2) yang dikepalai Dr. Rahma Santhi Zinaida sebagai Ketua Prodi, Zaid Amin, Ph.D selaku Ketua Prodi Magister Teknik Informatika (S2) Universitas Bina darma bekerjasama dengan Fakulti Komunikasi, Seni Visual dan Pengkomputeran UNISEL.

BACA JUGA:Program Kampus Mengajar Bisa Jadikan Penguatan Literasi dan Numerasi Siswa

Pertemuan ini juga berkomitmen untuk melakukan penelitian bersama terait sustainable development goals dalam ranah global antara Negara Negara di asia tenggara yang diinisiasi oleh UNISEL.

Perjumpaan ini dihadiri Ketua Program studi Magister Manajemen (S2) Dr. Sulaiman Helmi yang akan menginisiasi program penelitian dan pengabdian bersama UBD-UNISEL.

Kerjasama yang akan segera berjalan dalam waktu dekat dihadiri oleh bagian international office UNISEL yang dikepalai oleh Prof Madya Dr. Haslinda Sutan Ahmad Nawi, Assoc.Prof. Dr. setiawan Widyarto selaku Centre for Graduate Studies (CGS), Dr. Kamisah Supian, Deputy Dean Research & Postgraduate dan petinggi lainnya dari UNISEL.

Universitas BIna Darma yang saat ini memiliki 5 program pascasarjana (S2) Magister Ilmu Komunikasi, Magister Manajemen, Magister Teknik Informatika, Magister Teknik Sipil dan Magister Pendidikan Jasmani terus mengupayakan kerjasama di level internasional.

Caranya dengan mengedepankan implemantasi kongkrit atas hasil keputusan bersama yang tertuang dalam MOU sehingga menjadi dorongan bagi kemajuan Universitas untuk selalu bermutu menuju UBD Unggul.

Sumber https://www.binadarma.ac.id

Sumber: