5 Cara Memilih SMA Boarding school Terbaik untuk Prestasi Siswa

5 Cara Memilih SMA Boarding school Terbaik untuk Prestasi Siswa

Inilah 5 Cara Memilih SMA Boarding school Terbaik untuk Prestasi Siswa--smadwiwarna.sch.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Semakin banyak peminat boarding school membuat sekolah ini semakin populer di masyarakat. Hal ini mendorong banyak sekolah asrama baru. Semakin banyak jumlah sekolah ini membuat orang tua menjadi lebih sulit dalam memilih mana yang terbaik. Supaya Anda tidak salah pilih, inilah beberapa cara memilih SMA boarding school terbaik untuk prestasi siswa.

Inilah 5 Cara Memilih SMA Boarding school Terbaik untuk Prestasi Siswa

 1. Cari Informasi tentang Biaya Pendidikannya

Sudah bukan rahasia lagi jika boarding school mematok biaya pendidikan yang tidak sedikit. Jika Anda memutuskan untuk menyekolahkan anak di SMA boarding school, maka harus siap dengan biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai di tengah jalan Anda kecewa telah menyekolahkan anak di boarding school karena harganya yang mahal. 

Perlu diketahui jika banyak boarding school yang mematok biaya pendidikan tinggi. Akan tetapi, biaya tersebut sebanding dengan apa yang didapatkan siswa. Siswa akan diajar oleh tenaga  pendidik berkualitas, tersedia fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap dan bisa mengembangkan bakat maupun minat yang dimiliki dengan maksimal. 

2. Cari Tau Apa Saja Fasilitas Sekolah

Salah satu ciri-ciri sekolah terbaik adalah menyediakan fasilitas penunjang pendidikan yang sangat lengkap. Fasilitas yang disediakan masing-masing sekolah bisa saja berbeda-beda tetapi dengan tersedianya fasilitas yang lengkap membuat proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal.

Selain itu, juga akan membuat nyaman siswa saat belajar di sekolah maupun di asrama. Contoh fasilitas sekolah yang disediakan seperti ruang kelas yang nyaman, AC di dalam kelas, perpustakaan, kantin, laboratorium, sarana olahraga dan sebagainya. sedangkan fasilitas di asrama seperti kamar yang nyaman, meja belajar, lemari, toilet yang bersih, masjid dan sebagainya.

3. Pahami Kurikulum yang Digunakan

Cara memilih SMA boarding school terbaik selanjutnya yaitu cari tahu informasi tentang kurikulum yang digunakan. Saat ini ada banyak kurikulum yang bisa dipilih oleh setiap sekolah,, seperti kurikulum nasional, kurikulum depag, kurikulum internasional dan sebagainya. Ada juga yang menggunakan kurikulum nasional plus. 

Saat memilih sekolah pastikan kurikulum yang digunakan sesuai untuk anak Anda. Ini dikarenakan kurikulum menjadi elemen yang cukup penting sehingga harus dijadikan pertimbangan saat memilih sekolah. 

4. Kegiatan Ekstrakurikuler yang Dimiliki

Setiap sekolah terbaik pasti membuka banyak kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini bertujuan untuk dijadikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat, minat dan hobi yang dimiliki. Kegiatan ekstrakurikuler juga akan memantau siswa untuk lebih berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. 

Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah yaitu OSIS, Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), jurnalistik, seni musik, teater, sepak bola, basket, voli, dan masih banyak lagi.

Sumber: