Mau Beli Mobil Listrik? Dibayari Pemerintah Rp80 Juta, Wuling Air EV Bisa Jadi Pilihan

Mau Beli Mobil Listrik? Dibayari Pemerintah Rp80 Juta, Wuling Air EV Bisa Jadi Pilihan

Si gesit Wuling Air Er bisa menjadi pilihan kamu dengan memiliki fitur yang aman dan nyaman untuk berkendaraan, diberikan subsidi Rp 80 juta oleh pemerintah.--disway.id

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Bagi kamu yang tertarik ingin membeli mobil listrik, kini saatnya yang tepat untuk bisa memiliki mobil impian. Tahun 2023, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 80 juta. Lumayan kan?

Kendati demikian, harga mobil listrik juga mulai mengalami kenaikan. Seiring dengan adanya subsidi tersebut, bagi pembelian mobil listrik oleh pemerintah sebesar Rp 80 juta. Hal ini dijelaskan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Jumlah dari subsidinya telah dihitung, untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta. Untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Insentif atau subsidi ini diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia. Pemberian insentif untuk pembelian kendaraan listrik dinilai sangat diperlukan untuk menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sosialisasi Tegaskan Anti Gratifikasi ke Rekanan

Indonesia disebut telah belajar dari negara-negara dengan ekosistem kendaraan listrik yang memiliki progres baik.

"Contohnya negara-negara di Eropa. Itu dia kenapa lebih maju dalam penggunaan mobil atau motor listrik karena memang pemerintahnya memberikan insentif. China juga memberikan insentif dan negara yang menjadi kompetitor kita, Thailand juga memberikan insentif," ucapnya.

Agus menjelaskan berbagai negara memberikan insentif kendaraan listrik dengan bentuk kebijakan yang berbeda-beda. Dalam konteks ini Indonesia ingin mendorong agar penggunaan mobil atau motor listrik bisa tumbuh semakin cepat.

Untuk harga mobil listrik ini, seperti banderol Wuling Air EV mengalami kenaikan. Kenaikan harga Air EV berdasarkan situs resmi sebesar Rp5 juta. Pada situs Wuling Indonesia, harga varian paling murah Air EV tidak lagi Rp238 juta, melainkan naik menjadi Rp243 juta.

BACA JUGA:Yuk, Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Sementara varian Long Range kini Rp299,5 juta, dari sebelumnya Rp295 juta, sedangkan varian Long Range with charging Pile dijual Rp315,5 juta.

Kendati mengalami kenaikan, Air EV masih menjadi mobil listrik paling terjangkau dari para rivalnya di Tanah Air.

Mobil diketahui dibekali baterai Litium Ferro-Phosphate; IP67 rating dengan kapasitas baterai 17,3 kWh/115 V.

Sementara, Air EV long range dibekali baterai serupa namun dengan kapasitas lebih besar, yakni 26,7 kWh/115 V.


 

Sumber: berbagai sumber