Cap Go Mee Pulau Kemaro 2023, Hari Ini Selasa 31 Januari Pasang Ponton

Cap Go Mee Pulau Kemaro 2023, Hari Ini Selasa 31 Januari Pasang Ponton

Tjik harun ketua walubi sumsel--

 

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG,  Pemasangan pontoon atau jembatan penyeberangan menuju pulau Kemaro akan dilakukan hari ini Selasa 31 Januari 2023 sedangkan perayaan Cap Go Meh 2023 akan dilakukan  pada tanggal 3-4 Februari mendatang. Hal tersebut dikatakan oleh Tjik Harun, ketua Walubi Sumsel.

Menurut Tjik Harun, pemasangan ponton  karena yang masang orang orang yang memang ahlinya jadi cuma setengah hari. “Sehimgga  sorenya sudah bisa digunakan,”katanya.

Selain memasang ponton, sambung Harun, panitia pelaksana juga menyediakan angkutan gratis dari Kelenteng Dewi Kwan Im dan Kelenteng  Serikat 16 Ilir. "Untuk jumlahnya kita masih menunggu konfirmasi donatur," katanya.

Harun  juga menjelaskan tentang Cap Go Mee yang merupakan puncak perayaan Imlek yang yang dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang tersebar di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia.

Sejarah perayaan Cap Go Mee ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu Cap Go Mee menurut penanggalan China dirayakan pada hari ke 15 atau awal bulan purnama pertama yang muncul di tahun itu

Secara harfiah cap go mee dialek Hokkian terdiri dari dua suku kata yaitu cap go arti lima belas dan mee adalah malam Dengan demikian Cap go mee diartikan sebagai malam ke lima belas "Yang menarik dan unik justru perayaan Cap Go Me di Palembang perayaannya justru dirayakan di malam ke  13 dan perayaannnya biasa dipusatkan di Pulau kemaro,"jelasnya. (sep)

 

Sumber: