Peternak Sumsel Bisa Bernafas Lega, Vaksin PMK Gratis

Peternak Sumsel Bisa Bernafas Lega,  Vaksin PMK Gratis

Wagub Sumsel Mawardi Yahya saat hadir di kick of vaksinasi PMK di peternakan di Palembang.-humas prov sumsel-

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM  - Peternak di Sumatera Selatan dapat bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah memberikan vaksin PMK secara gratis.

Kick of  vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) secara nasional 2023 secara virtual bertempat di Asosiasi Peternak dan Penjual Hewan Qurban Kota Palembang, Muhammad Idil Fitriansyah Jalan Pangeran Ayin, Kecamatan Sako Palembang, Sabtu, 28 Januari 2023.

Muhammad Idil Fitriansyah, salah satu  anggota Asosiasi Peternak dan Penjual Hewan Qurban Kota Palembang  mengaku, senang dengan digelarnya  vaksinasi PMK yang dilakukan  Pemprov Sumsel.

BACA JUGA:Sumsel Terus Gencar Edukasi, Angka Stunting Turun 6,2 Persen

 

"Sebelumnya kami sempat khawatir, namun setelah ada vaksin PMK kami bisa lega. Apalagi vaksi PMK ini diberikan  secara cuma-cuma oleh Pemprov Sumsel,” ucapnya senang.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Efendi  menyebut, capaian vaksinasi PMK di Sumsel pada Januari 2023 telah terealisasi sebanyak 196.084 dosis atau 60.33 persen dari total vaksin yang didistribusikan sebanyak 325.000 dosis.  

"Capaian tersebut akan terus kami tingkatkan sampai batas waktu   yang telah ditetapkan," katanya.

Ruzuan menuturkan, strategi  penanganan PMK cukup serius dilakukan Pemprov Sumsel diantaranya dengan  membentuk gugus tugas, mendirikan posko, melakukan pendataan dan penandaan ternak di Sumsel.

BACA JUGA:Dua Menteri Puji Gubernur Herman Deru, Langsung Minta Contoh Sumsel

 

Selain itu juga diberikan vaksinasi, dan distribusi  bantuan logistik  disinfektan, obat-obatan dan vitamin, serta pembatasan lalu lintas hewan.

"Mengingat PMK dapat menimbulkan keriugian ekonomi yang cukup besar pada para peternak maka kami  mengambil langkah tegas dengan memberikan berbagai bantuan," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya di sela-sela   mengikuti kick of  vaksinasi PMK menegaskan, Pemprov Sumsel melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan telah melakukan vaksinasi  PMK bagi ribuan hewan ternak di Sumsel.

Sumber: