Agar Tak Banjir Lagi, Ini Solusi Ditawarkan Dinas PUPR Palembang

Agar Tak Banjir Lagi, Ini Solusi Ditawarkan Dinas PUPR Palembang

Banjir sering melanda Jalan Basuki Rahmat, kondisi ini membutuhkan solusi Pemkot Palembang.-Salamun Sajati-doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang meminta peran aktif masyarakat agar banjir tak lagi terulang.

Solusi ini diungkapkan, saat sosialisasi peningkatan peran masyarakat dalam pengendalian masalah banjir atau genangan Kota Palembang seperti dilaksanakan di Parameswara pada Rabu 18 Januari 2023.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari, Kamis 19 Januari 2023 mengatakan sosialisasi ini guna memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam pengendalian masalah banjir atau genangan di Palembang. 

Dinas PUPR Palembang menggelar sosialisasi ruang air di kota Palembang yang mengajak stakeholder dan masyarakat,”kata dia. 

BACA JUGA:Dinas PUPR: 2 Penyebab Klasik Musibah Banjir di Palembang

Kali ini, sambung dia, yang diajak ialah stakeholder dan warga Kecamatan Sukarami sertaKomunitas Masyarakat Peduli Sungai, Peduli Banjir dan Lingkungan Kota Palembang. 

"Kami juga mengajak seluruh RT/RW, komunitas untuk paham bagaimana mengatasi banjir," katanya.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) PUPR Kota Palembang, Marlilna Sylviana, Kamis 19 Januari 2023 mengatakan, selama ini setiap kali banjir, masyarakat kerap menuding pemerintah yang tidak becus dalam penanganannya.

Apalah daya, kata dia, jika tidak didukung oleh masyarakat sebagai peduli akan lingkungan maka upaya pemerintah hanya sia-sia.

BACA JUGA:Dewan Bakal Panggil Dinas PUPR, Camat dan Lurah

“Makanya sosialisasi ke RT dan RW ini akan dilakukan di 18 kecamatan dan yang kita lakukan ini dimaksudkan agar dapat secara bersama dengan pemerintah mengatasi persoalan banjir ini,” tegasnya.

Sosialisasi ruang air untuk Kecamatan Sukarami, sebelumnya sudah dilaksanakan di Kecamatan Kertapati dan Kemuning. 

"Masih ada 15 kecamatan lagi, sampai akhir tahun sudah tersentuh, karena masyarakat ini harus terinformasi," kata Marlina.

Melalui pertemuan ini, lanjut dia, diharapkan peran serta masyarakat serta mengedukasi apa penyebab banjir tersebut, jangan hanya menyalahkan pemerintah.

Sumber: