Daftar 65 Usulan Prioritas Musrenbang Pasar III

Daftar 65 Usulan Prioritas Musrenbang Pasar III

Pembukaan Musrenbang Tingkat Kelurahan Pasar III Muara Enim. -pili/radar palembang-

MUARA ENIM, RADARPALEMBANG.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) di Tingkat Kelurahan Pasar III Muara Enim tahun 2023 yang digelar di Kantor Kelurahan Pasar III Muara Enim, menyepakati akan mengajukan sebanyak 65 usulan.

 

Sebanyak 65 usulan tersebut nantinya akan disampaikan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan pada bulan Februari 2023 mendatang.

 

Hadir pada Musrenbang Kelurahan Pasar III Muara Enim itu PLT Camat Muara Enim, Husni Thamrin, Babinsa, Thezar, Bhabinkamtibmas, A Rahman, para Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat dan staf kelurahan.

BACA JUGA:Setiap Jumat Bakal Ada Khitanan Gratis di Polrestabes Palembang, Begini Cara Daftarnya

Lurah Pasar III Muara Enim, Desiana dalam sambutannya menyampaikan, dari 65 usulan yang direkapitulasi berdasarkan usulan dari RT/RW kebanyakan memprioritaskan pembangunan jalan setapak dan siring di dalam pemukiman penduduk.

Untuk jalur luar permukiman penduduk sudah sangat layak dan hanya sebagian kecil yang perlu rehab atau perbaikan.

Selain itu, kata Desiana, pihaknya juga mengusulkan rehab Kantor Kelurahan Pasar III Muara Enim dan menindaklanjuti pembangunan dinding penahan Sungai Aur yang belum ditindaklanjuti oleh Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim, khususnya di wilayah Kelurahan Pasar III Muara Enim.

BACA JUGA:Rp4 Triliun BOS Madrasah Swasta Tahun 2023 Segera Cair, Ini Prosedurnya

"Untuk 65 usulan RW/RT itu masih akan dikerucutkan lagi sesuai instruksi pak Camat agar menerapkan skala prioritas," ungkap Desiana, Kamis, 19 Januari 2023.

Khusus dinding penahan Sungai Aur, kata Desiana, dahulunya sesuai proposal yang disampaikan ke Bupati telah di disposisi ke Dinas PUPR, namun belum ada realisasi.

Yang ada itu, kata dia, realisasi untuk Dinding Penahan Sungai Aur di Kelurahan Pasar II Muara Enim yang memang berbatasan dengan Kelurahan Pasar III Muara Enim di sungai tersebut.

"Cuma sebelah badan sungai yang dibangun, badan Sungai Aur yang arah ke Kelurahan Pasar III Muara Enim belum direalisasikan. Ini akan kami pertanyakan kembali pada Musrenbang Kecamatan pada bulan Februari mendatang," terangnya.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang, Dijamin Pasti Cair

Sementara, PLT Camat Muara Enim, Husni Thamrin usai membuka Musrenbang tingkat Kelurahan Pasar III Muara Enim mengatakan bahwa dilaksanakannya Musrenbang di kelurahan merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang berasal dari bawah(bottom up) yang dimulai dari kelurahan guna menampung usulan RW/RT yang selanjutnya disampaikan ke Camat pada Musrenbang Kecamatan dan akan diajukan ke Bupati Muara Enim. 

"Tujuannya menyerap aspirasi masyarakat dan mengharapkan perubahan yang lebih baik. Sejumlah usulan, kritik dan saran akan disampaikan dan berdiskusi bersama dengan RT, RW dan masyarakat dengan pemerintahan kelurahan dan kecamatan. Selanjutnya saran dan anjuran akan menjadi masukan untuk dievaluasi, ditindaklanjuti dan mendapatkan solusi pada akhirnya," jelas Husni Thamrin.

Husni menyarankan agar usulan yang disampaikan di tingkat kelurahan pada Musrenbang Kelurahan agar menyepakati dan menyampaikan usulan skala prioritas serta mengirimkan delegasi 5 orang ke kecamatan pada Musrenbang Kecamatan mendatang.

"Hasil Musrenbang Kelurahan akan dibahas kembali pada Musrenbang tingkat Kecamatan yang akan menghadirkan 10 orang anggota DPRD Muara Enim dan para kepala OPD Pemkab Muara Enim diantaranya Dinas Perkim, Dinas PUPR dan Dinas Sosial,. Nantinya usulan itu silahkan disampaikan langsung ke mereka," paparnya. (*)

Sumber: