Segururung, Kuliner Lezat tak Seribet Namanya

Segururung, Kuliner Lezat tak Seribet Namanya

Segururung atau olahan ikan yang rasanya lezat ini selalu jadi favorit warga di Kabupaten PALI.-maman/radar palembang-

PALI, RADARPALEMBANG.COM -  Warga Kabupaten PALI ternyata memiliki kuliner khas yang kerap jadi hidangan makan siang. Namanya segururung.

Olahan ikan ini, kerap menjadi alternatif masyarakat Bumi Serepat Serasan. Ada ikan nila dan patin sebagai bahan dasarnya.

Memasak segururung pun cukup mudah, karena sebelumnya sudah dipanggang. Pedagang  pun kerap kehabisan karena selalu menjadi pilihan utama warga Kabupaten PALI.

segururung dengan bumbu khas itu hampir setiap hari habis dijajakan pedagang, baik yang mangkal maupun berkeliling di setiap pasar kalangan.

BACA JUGA:Top, Pemkab PALI Gandeng Koramil dan Badar Cegah Stunting

Alasan pembeli memburu ikan segururung tak lain, selain rasanya lezat serta praktis juga harganya bersahabat tak menguras isi kantong.

Terlebih kondisi saat ini, dimana sebagian petani karet di Kabupaten PALI, mengeluh perekonomiannya carut marut imbas dari harga getah karet yang tak kunjung membaik.

"Pilihan makan enak tapi hemat adalah ikan segururung. Kami beli olahan ikan itu setiap digelarnya pasar kalangan mingguan di desa kami, " ujar Pinarsih, warga Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Selasa, 17 Januari 2023.

Ia akui, harga ikan segururung siap saji di kisaran Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per ekor.  

BACA JUGA:PALI Siaga Cuaca Buruk, 2 Wilayah Rawan Bencana Banjir

"Banyak pilihan ikan, ada patin dan nila, serta ada pepes isi perut ang harganya jauh lebih murah," imbuhnya.

Sementara itu, Icha, pedagang ikan Segururung menyebut bahwa dengan kondisi seperti itu menjadi berkah tersendiri bagi dirinya serta keluarga.

"Saya berjualan berkeliling di setiap pasar kalangan yang terjangkau. Setiap hari tak kurang dari 20 ekor ikan patin dan nila habis juga ada panggang ayam, juga dengan harga tidak terlalu mahal yang penting dapat untung sedikit tapi lancar,"  ucapnya.

Terpisah, Raden Abdurrohman, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, menyambut baik berkembangnya usaha olahan ikan segururung.

BACA JUGA:Bawaslu PALI Ajak Warga Gabung jadi Panwaslu Kelurahan, Ini Syaratnya

"Kami terus bina dan dampingi pelaku usaha ikan segururung, bahkan belum lama ini kita bantu kemasan supaya kualitas produk pelaku usaha itu lebih meningkat, dan pangsa pasarnya lebih luas lagi," tandasnya. (*)


Sumber: