9 Rumah Rusak 'Diterjang' Angin Kencang, BPBD 'Gercep' Beri Bantuan

9 Rumah Rusak 'Diterjang' Angin Kencang, BPBD 'Gercep' Beri Bantuan

BPBD Sumsel Beri Bantuan ke Warga Terdampak Angin Kencang --Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Sumsel gerak cepat atau Gercep beri bantuan ke warga yang rumahnya terdampak angin kencang.

Diketahui, Selasa 10 Januari 2023 malam, Palembang dilanda hujan disertai angin kencang kurang lebih 1 jam lamanya.

Cuaca ekstrim ini, dari data yang dihimpun BPBD Sumsel menyebabkan 9 rumah porak poranda terdampak hujan dan angin kencang tersebut.

Pemprov Sumsel melalui BPBD Sumsel, Rabu 11 Januari 2023 langsung mendata rumah warga yang terkena dampak cuaca ekstrem, angin kencang Selasa malam.

BACA JUGA:BPBD Sumsel Rayakan Hari Jadi ke-12

Kejadian angin kencang tersebut terjadi di Kelurahan Lebong Gajah, Kecamatan Sematang Borang, Palembang, Selasa malam 10 Januari 2023 sekitar pukul 23.30 WIB.

Dari 9 rumah terdampak angin kencang tersebut, berdasarkan data BPBD Sumsel secara rinci terdapat 4 rumah diantaranya rusak berat dan 5 lainnya rusak ringan akibat angin puting beliung.

 

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, Rabu 11 Januari 2023 mengatakan kejadian angin puting beliung itu terjadi di malam hari.

"Disaat hujan turun deras kemarin, hingga kini tidak ada korban jiwa, namun rumah warga dilaporkan rusak," ucap Iqbal.

BACA JUGA:BPBD PAL Pantau 75 Titik Api

Atas kejadian angin kencang tersebut, Gubernur Sumatera Selatan meminta BPBD Sumsel untuk menyalurkan bantuan kepada warga terdampak.

Diantaranya, ada bantuan untuk warga terdampak, yakni berupa terpal untuk warga mengungsi sementara dan juga bantuan pangan, berupa sembako.

"Kami sudah menyiapkan bantuan untuk warga terdampak, dan segera kami kirim ke mereka (warga terdampak)," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Iqbal juga meminta agar warga tetap waspada dengan bencana susulan, apalagi musim penghujan masih akan berlangsung hingga April 2023 ini.

BACA JUGA:Capaian Sentra Vaksinasi BPBD di Garut Melebihi Target

"Bencana seperti ini bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, maka warga Sumsel kita minta untuk waspada agar meminimalisir efek dari bencana tersebut," ucapnya.

Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori, Rabu 11 Januari 2023 mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa yang serius, namun tiga warga dilaporkan luka ringan.

"Kami dari BPBD sudah berkoordinasi dengan institusi lainnya untuk pendataan warga dan upaya evakuasi dan juga sudah disiapkan bantuan sembako," ujar dia.

Sumber: