Pernak-pernik Imlek yang Wajib Disediakan Saat Merayakannya, Apa Saja? Banyak Ragamnya

Pernak-pernik Imlek yang Wajib Disediakan Saat Merayakannya,  Apa Saja? Banyak Ragamnya

ilustrasi pernak pernik imlek dalam dicari menyambut perayaan Imlek--disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM = Perayaan tahun baru Imlek 2574 akan segera tiba, jatuh di tanggal 21 Januari. Tahun baru Imlek pada tahun 2023 Shio kelinci air ini sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa.

Di setiap perayaan tahunan seperti ini tentunya masyarakat Tionghoa akan berbondong-bondong  mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perayaan Imlek tersebut.

Baik itu berupa kegiatan ataupun tradisi, atau sekadar mendekorasi rumah dengan barang-barang unik khas perayaan Imlek sehingga tampil meriah dengan simbol warna merah mendominasi setiap sudut rumah.

Warna merah memang identik dengan perayaan Imlek. Mereka percaya warna merah melambangkan warna keberuntungan dan kebahagiaan. Tidak hanya itu, warna merah juga dapat mengusir nian jahat yang ingin mendekat.

BACA JUGA:Walubi Sumsel Bagikan 250 Paket Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan untuk menyambut pergantian tahun di kalender Cina. Masyarakat Tionghoa percaya, Imlek adalah titik permulaan dalam menentukan nasib dan kehidupan dalam tahun yang akan datang.

Selayaknya dalam merayakan acara besar, banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum Imlek tiba. Maka dari itu, segala sesuatunya perlu dipersiapkan dengan maksimal.

Tak perlu khawatir juga untuk mencarinya dimana. Segala sesuatunya tersedia menjelang Imlek tiba saat menjelang hari raya.

Seperti di Kota Palembang, Sabtu 7 Januari 2023. Pantauan 
radarpalembang.disway.id,  hotel dan mal sudah mendekor pernak pernik Imlek di atrium dan sudut ruangan. Sebut saja PTC Mall, Palembang Square Mal, Palembang Indah Mall dan Palembang Icon Mal.

BACA JUGA:Wihara Dharmakirti Bagikan 250 Paket Kasih Imlek

Begitu juga dengan hotel hotel berbintang  tak mau ketinggalan dan menjadikan moment Imlek untuk meningkatkan income melalui promo paket imlek bagi masyarakat Tionghoa yang akan merayakan Imlek mulai harga Rp 150 ribu.

Antara lain Fave Hotel, Harper Hotel, Santika Radial Hotel, Luminor Hotel dan The 101 Hotel. Harga paket promo imlek ini pun terbilang terjangkau, dengan paket all you can eat dan ciatok mulai dari harga 150 ribu.

Lantas, apa saja yang biasa dipersiapkan guna merayakan Imlek? Dilansir dari 
merdeka.com, berikut pernak-pernik Imlek yang wajib disediakan saat merayakannya. Apa saja? Banyak ragamnya yaitu :

1. Lampion.
Pastinya lampion tak asing lagi bagi kita saat merayakan Imlek. Biasanya lampion dipasang sebagai dekorasi rumah. Tidak hanya di rumah-rumah masyarakat Tionghoa, namun di banyak klenteng juga ada.

BACA JUGA:Omicron Kian Tinggi, Menag Minta Imlek Dirayakan dengan Sederhana dan Tak Abai Prokes

Bahkan di sepanjang  jalan pada perkampungan China yang tampil terang bercahaya di malam hari semakin menambah semaraknya perayaan. Lampion mempunyai makna sebagai simbol penerang kehidupan yang akan memberikan kebahagiaan

2. Angpao. Angpao juga pernak-pernik Imlek kedua yang pastinya dinanti-nanti saat Imlek tiba. Angpao berisi uang kertas dengan amplop berwarna merah. Biasanya anak kecil dan yang masih lajang yang mendapatkan angpao.

3. Makanan Khas Imlek. Pernak-pernik Imlek yang selanjutnya adalah menyediakan berbagai hidangan khas Imlek. Bukan merayakan Imlek namanya jika tak ada makanan khas Imlek.

Banyak makanan  tersaji yang menjadi menu wajib di dalam perayaan Imlek. Seperti miemerupakan menu wajib.. Menariknya, mie tersebut disajikan dalam satu untaian tanpa putus dari ujung satu ke ujung lainnya. Hal ini dianggap agar kita berumur panjang.
BACA JUGA:Kelenteng Liong Siu Tong Bagikan 150 Paket Imlek

Untuk camilannya, ada kue keranjang, yang berbentuk buat dan kenyal, terbuat dari tepung beras dan gula. Mempunyai filosofi sebagai lambang kesejahteraan dan keharmonisan keluarga.

Dan buah wajib di Imlek adalah jeruk mandarin yang sering dibagi-bagikan ke sanak keluarga, melambangkan sebagai buah pembawa keberuntungan. Ada juga buah naga yang juga dianggap membawa hoki.

4. Pakaian Baru. Pernak-pernik Imlek yang selanjutnya adalah berbagai baju baru. Tak hanya kenakan baju berwarna merah, namun baju yang dikenakan juga biasanya harus baru.

5. Petasan dan Kembang Api. Pernak-pernik Imlek yang biasanya dibunyikan pada perayaan Tahun Baru Imlek tepat  pukul 00.00 WIB. Petasan yang dibunyikan dipercaya dapat mengusir roh jahat dan  mendatangkan dewa kekayaan di depan pintu rumah.

BACA JUGA:Baksos Imlek Bagikan 2.573 Paket

6. Lilin Imlek Lilin besar berukuran besar tentunya tak boleh ketinggalan dalam merayakan imlek. Memiliki filosofi yang berarti rezeki yang terang pada awal tahun baru. Bisa juga berarti perlambang syukur bagi mereka yang doanya terkabul. 

7. Pernak-pernik Imlek Bernuansa Serba Merah. Pernak-pernik Imlek selanjutnya adalah berbagai aksesoris berwarna merah. Tak hanya baju saja yang berwarna merah, namun dekorasi hingga pernak-perniknya juga harus seragam warna.

Warna merah memang identik dengan perayaan Imlek. Mereka percaya warna merah melambangkan warna keberuntungan dan kebahagiaan. Tidak hanya itu warna merah juga dapat mengusir nian jahat yang ingin mendekat.

8. Pohon Mei Hua.  Pohon ini  berwarna pink keputihan. Biasanya diperlengkap dengan sentuhan aksesoris seperti angpao, lampion kecil dan berbagai hiasan dengan kertas emas. Pohon Mei Hua sendiri melambangkan keuletan, kebahagiaan dan kesejahteraan.

Sumber: berbagai sumber