Festival UMKM Nusantara Dorong Ekonomi Kreatif

Festival UMKM Nusantara Dorong Ekonomi Kreatif

Asisten II Pemkot Prabumulih HM Ali saat buka acara Festival UKM Nusantara.-andi/radar palembang-

PRABUMULIH, RADAR PALEMBANG - Sebanyak 100 UKM binaan Diskop dan UMKM Kota Prabumulih mengikuti Festival UKM Nusantara digelar PT  Pertamina EP 2 melalui Pertamina Drilling dengan tema "Senyum Untuk Negeri" digelar di Hotel South Sumatera, belum lama ini.

Kegiatan dibuka Asisten II Pemkot Prabumulih HM Ali disaksikan perwakilan Pertamina Drilling, Totok Budiarjo dan perwakilan Senyum Untuk Negeri, Saifuddin.

HM Ali mengatakan, Pemkot Prabumulih tidak bisa bekerja sendiri dalam mendorong perekonomian UMKM, agar lebih kreatif dan produktif di Kota Prabumulih.

“Memang perlu peranan stakeholder lainnya, seperti dilakukan Pertamina Drilling dalam  rangka kegiatan Festival UKM Nusantara ini,” ujar mantan Kakan Kesbangpol Prabumulih ini.

BACA JUGA: Pelaku UMKM Dapat Bantuan UEP Dari Pempov Sumsel

Harapan Ali, kegiatan seperti harus berkelanjutan lewat program CSR perusahaan bisa mendorong kemajuan dan pengembangan UMKM khususnya di Kota Nanas ini.  

Pemkot Prabumulih terkendala regulasi, membantu UMKM. Tetapi, produksi, bantuan modal, pemasaran hal itu bisa dilakukan. “Terima kasih atas bantuan dan kepedulian Pertamina Drilling bekerja Senyum Untuk Negeri melakukan pembinaan dan mendorong kemajuan UMKM di Bumi Seinggok Sepemuyian ini,” akunya.

Sementara itu, perwakilan Pertamina Drilling, Totok Budiarjo mengatakan kegiatan ini untuk pembinaan UKM dan potensinya cuma menjanjikan makanya dikembangkan lagi agar lebih baik lagi ke depannya.

Ini kata dia, bukan pertama kali tetapi, tahun lalu ada juga program CSR hanya saja, bentuknya berbeda. "CSR ini, bentuk tanggung perusahaan terhadap lingkungan dan bentuk kepedulian dan perusahaan untuk melakukan pembinaan UKM dan sifatnya berkelanjutan,” bebernya.

BACA JUGA:Dusun 3 Karya Mulya Prabumulih Jadi Satu Satunya Penerima Predikat Kampung Proklim Lestari di Sumatera

Sementara itu, Saifuddin, selaku kordinator menjelaskan, dalam rangka peningkatan UKM di Prabumulih diadakan program ini supaya bisa menaikan level UKM Prabumulih dari level lokal menjadi provinsi hingga nasional.

Apalagi, ucapnya, produk dihasilkan UKM Prabumulih beraneka ragam dan juga baik. Sehingga, bisa lebih kreatif dan produktif dalam menghasil produknya agar bisa lebih bernilai ekonomis alias tak kalah bersaing dalam usaha. (*)

 

Sumber: