Pusdiklat Buddhayana Sriwijaya Gelar Pelantikan Samanera

Pusdiklat Buddhayana Sriwijaya Gelar Pelantikan  Samanera

Pose bareng setelah pelantikan samanera--

 

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG, Pusdiklat Buddhayana Sriwijaya yang terletak di Jalan Karya Baru atau biasa  disebut juga kawasan Talang Buruk Palembang menggelar kegiatan pelantikan Samanera Senin(19/12/2022). 

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua WBI Sumsel Rusmiati Zen, ketua Pusdiklat Buddhayana Sriwijaya Romo Sujarwo dan orang tua dari Samanera 

Kepala Biksu Pusdiklat Buddhayana Sriwijaya Bhante Bhadra Prabava mengatakan, kegiatan penahbisan atau pelantikan Samanera merupakan kegiatan  mengisi waktu libur remaja buddha atau siswa setingkat kelas 2 SMP  untuk melatih dan mempraktekkan kehidupan meninggalkan keduniawian.

“Syarat untuk mengikuti penahbisan  samanera adalah seorang anak laki-laki yang sudah memiliki usia yang dikatakan cukup, Di zaman dahulu, anak laki-laki yang sudah bisa melempar burung gagak dengan batu, dianggap sudah cukup kuat fisiknya, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan penahbisan sebagai samanera.,” jelasnya.

Bhante Bhadra Prabava juga mengatakan dalam kesehariannya, para samanera menjalani 10 Aturan kemoralan ditambah 75 etika, serta aturan-aturan lainnya. " 10 aturan kemoralan yang utama yaitu : tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berbuat asusila, tidak berbohong, tidak mengkonsumsi makanan/minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran, tidak makan setelah tengah hari, tidak menggunakan bunga, wewangian, dan kosmetik, tidak menari, menyanyi, bermain musik, pergi menonton pertunjukan, serta tidak menggunakan tempat duduk atau tempat tidur yang mewah atapun tinggi, dan tidak menerima lagi emas, perak, dalam zaman ini disebut uang,"katanya..

Bhante juga menambahkan kalau kegiatan pelantikan samanera ini telah digelar sebanyak 3 kali di Pusdiklat Buddhayana Sriwijaya pertama pesertanya 3 orang, kedua 1 dan sekarang 3 orang.(sep)

Sumber: