Antisipasi Kejahatan, Warga Kembali Aktifkan Siskamling

Antisipasi Kejahatan, Warga Kembali Aktifkan Siskamling

warga RT 11 RW 03 Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang melakukan gotong royong membangun pos siskamling .-ist-

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Meningkatkan keamanan sekaligus mengantisipasi tindak kejahatan, khususnya pencurian kendaraan bermotor (curanmor), warga RT 11 RW 03 Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang melakukan gotong royong membangun pos siskamling (sistem keamanan lingkungan), Minggu, 11 Dese. Pembmber 2022. Bangunan pos siskamling itu dilakukan secara swadana oleh warga setempat.

Cik Ung, ketua RT 11 RW 03 Kelurahan Talang Jambe mengatakan, pembangunan pos siskamling dilaksanakan sebagai antisipasi kerawanan lingkungan saat ini. "Kami melaksanakan pembangunan siskamling karena suasana sekarang agak rawan. Kami juga ada saran dari babinkamtibmas," ungkap Cik Ung.

Di samping itu, kata dia, pos siskamling tersebut berfungsi juga sebagai kontrol wilayah yang dilakukan oleh tiga pilar, yakni babinkamtibmas, babinsa, dan pemerintah kelurahan. "Kami kerja sama dengan warga dan RT sekitar membuat siskamling sebagai kontrol di wilayah kami. Sudah ada izin juga dari babinkamtibmas, babinsa, dan kelurahan. Istilahnya tiga pilar," ujarnya.

Terkait pengerjaan, tambahnya, pos siskamling itu dibuat dari rangka baja. Semua bahan dan pekerja merupakan warga RT tersebut. "Swadana masyarakat. Murni dari RT 11 RW 03 Kelurahan Talang Jambe. Baik dana maupun tenaga dari warga kami," tegasnya.

Dirinya berharap, program ini dapat menjadi contoh RT lainnya di kelurahan tersebut. "Ke depan harapannya kami bisa jadi contoh RT lain dan jadi keamanan warga," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Talang Jambe, Asrahuddin SE MSi mengatakan, pihaknya telah mengimbau warga di kelurahan tersebut agar lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Salah satunya dengan kembali mengaktifkan siskamling. Di samping mengantisipasi kejahatan seperti curanmor (pencurian kendaraan bermotor), lanjut Asrahuddin, sekaligus sebagai pengamanan swakarsa.

"Benar. Kami mulai mengaktifkan kembali siskamling. Dalam rangka mengantisipasi kejahatan yang sering terjadi belakangan ini. Terutama curanmor," ungkap Lurah Asrahuddin.

Selain pengamanan lingkungan warga, siskamling menjadi salah satu wujud sinergi antara pihak kelurahan, babinkamtibmas, dan babinsa. "Ini juga salah satu sinergi kami dengan babinkamtibmas dan babinsa dalam rangka pengamanan swakarsa lingkungan," tutupnya.(*)

Sumber: