PSSI Umumkan Jadwal Liga 1 Indonesia Secepatnya Digulir

PSSI Umumkan Jadwal Liga 1 Indonesia Secepatnya Digulir

PSSI yakinkan Liga 1 Digulir Secepatnya --

JAKARTA, RADAR PALEMBANG - Liga 1 2022 kini dipastikan bergulir lagi usai vakum selama dua bulan lebih. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberi izin untuk menggulirkan kembali Liga 1 Indonesia kembali. Rabu. 7 Desember 2022.

Pssi yakinkan Liga 1 Secepatnya digulir untuk lanjutan putaran pertama secara serempak pada Senin, 5 Desember 2022 dengan menggunakan sistem bubble di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Seluruh laga sejauh ini belum bisa dihadiri penonton, lantaran imbas dari Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Liga 1 2022/2023 sudah vakum sejak awal Oktober, atau setelah tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan nyawa, pada 1 Oktober.

BACA JUGA:Izin Keluar, Liga 1 Kembali Berlanjut Pekan Ini

Empat Stadion telah ditunjuk oleh PT LIB sebagai venue lanjutan Liga 1, yakni, Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Setelah menjalani proses panjang, tentu masih dinantikan bagaimana tuntasnya, Liga 1 akhirnya kembali digulirkan dengan format yang berbeda.

Pada jalannta konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Mahfud MD mengumumkan bahwa Liga 1 mendapat izin untuk kembali bergulir setelah sempat ditangguhkan usai tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Marocco Kejutkan Dunia Usai Kalahkan Spanyol Pada Laga 16 Besar Piala Dunia 2022

Setelah melalui negosiasi yang alot, liga akhirnya bisa bergulir lagi setelah mendapat rekomendasi dari Menko Polhukan Mahfud MD dan Menpora Zainudin Amali, serta turunnya izin bertanding dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kembalinya Liga 1 2022/23 akan dimulai pada 5 Desember, dengan empat pertandingan yang akan dimainkan. Berikut pertandingan tersebut.

Bagi PSSI, keputusan ini melegakan hati para pengurus yang selama dua bulan ini tertekan karena Tragedi Kanjuruhan. Mereka masih terus mengusut tuntas kasus itu sambil juga mengupayakan akan liga bergulir lagi.

Kompetisi Liga 1 begitu penting bagi roda perekonomian Indonesia yang lagi bangkit usai dihantam Pandemi Covid-19. Sebab banyak pihak yang menggantungkan hidupnya pada sepakbola.

Sumber: