Jepang Masuk 16 Besar Pila Dunia 2022 Usai Kalahkan Spanyol 2-1

Jepang Masuk 16 Besar Pila Dunia 2022 Usai Kalahkan Spanyol 2-1

Pemain Jepang, Ritsu Doan berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Spanyol pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International--reuters

QATAR, RADAR PALEMBANG - Jepang kembali membuat sensasi besar di Piala Dunia 2022 ketika mereka mengalahkan Spanyol 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup E di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar. Jumat, 2 Desember 2022.

Itu adalah penampilan menakjubkan kedua setelah mereka juga mengalahkan juara dunia empat kali Jerman dalam pertandingan pembuka Grup E.

Tak hanya itu, dua pemain yang mencetak gol ke gawang Spanyol juga merupakan dua pemain yang mencetak gol ke gawang Jerman.

Dengan hasil itu, Jepang kembali mengejutkan semua orang, menempati posisi terata di grup yang dihuni dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman.

BACA JUGA:Unik Supporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Laga Jepang Vs Jerman

Kemenangan itu juga membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia lebih awal dalam edisi empat tahun lalu di Rusia.

Spanyol tampak siap untuk beberapa menit saat Kosta Rika nyaris melawan Jerman di pertandingan kedua Grup E.

Namun juara dunia 2010 itu terhindar dari kekecewaan saat Jerman kembali mengalahkan Los Ticos 2-1 dan berbalik 4-2.

Spanyol dan Jerman masing-masing mengambil empat poin sebelum pertandingan terakhir itu, tetapi La Roja berhak ke 16 besar karena mereka memiliki selisih gol yang jauh lebih baik.

BACA JUGA:Tim Samurai Jepang Berhasil Permalukan Jerman 2-1 Dilaga Pembuka Grup E, Piala Dunia Qatar 2022

Alvaro Morata memberi Spanyol keunggulan melalui sundulan di 11 menit pertama. 

Namun Jepang merespon secara dramatis di awal babak kedua dengan Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Kedua pemain, yang juga mencetak kedua gol Jepang di leg pertama melawan Jerman, memastikan kebangkitan dan perubahan spektakuler untuk kemenangan 2-1 untuk Samurai Biru.

Namun gol Tanaka pada menit ke-51 sangat kontroversial setelah VAR memutuskan bahwa Kaoru Mitoma menpertahankan bola yang terlihat sudah keluar garis permainan.

Sumber: berbagai sumber