Korban Kebakaran Pasar Cinde Harapkan Bantuan, Pemkot Palembang Siap Relokasi

Korban Kebakaran Pasar Cinde Harapkan Bantuan, Pemkot Palembang Siap Relokasi

Pemkot Palembang Siap Relokasi Pedagang Pasar Cinde--sumeks.disway.id

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Pasca kebakaran puluuhan kios di Pasar Cinde PALEMBANG, Minggu 27 November 2022, pada senin pagi terpantau sejumlah pemilik kios dan lapak Pasar Cinde sibuk berusaha membersihkan dan mengais sisa-sisa barang dagangan yang tidak ikut terbakar.

Salah satu pedagang Terlihat Samsul Bahri (37), pemilik kios yang menjual pupuk dan herbisida yang ikut hangus terbakar, berjibaku sendirian mengais sisa barang dagangan yang masih bisa diselamatkan diantara puing-puing kebakaran.

"Saya baru mengetahui kios saya ikut terbakar baru tadi pagi pak, saya sebelumnya tidak tahu kalau tadi malam ada musibah kebakaran ini," kata Samsul Bahri.

Samsul mengaku hampir sebagian besar dagangan miliknya baik berupa pupuk, bibit tanaman, herbisida serta alat untuk pertanian dan perkebunan ludes hampir tidak bersisa.

BACA JUGA:Berikut Penyebab Terbakarnya Pasar Cinde Palembang

Menurutnya, kerugian yang di akibatkan oleh musibah tersebut kurang lebih sebesar Rp30 Jutaan.

Sementara itu hal senada dituturkan oleh seorang pedagang kue basah dan kerupuk di Pasar Cinde, yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku, tidak satu pun barang dagangannya dapat diselamatkan.

"Kami tidak tahu selanjutnya mesti bagaimana, semua barang dagangan sudah habis terbakar tanpa sisa, bagaimana lagi kami mau jualan," ujarnya sembari menunjuk salah satu kiosnya yang terbakar.

Para pedagang korban kebakaran Pasar Cinde Palembang berharap adanya bantuan dan solusi terbaik dari pihak pemerintah untuk membatu meringankan beban para korban.

BACA JUGA:Pasar Cinde Palembang Ludes Dilalap Si Jago Merah

Dari data kepolisian, tercatat sebanyak 60 lapak dan kios hangus terbakar pada musibah tersebut, kios para pedagang tersebut merupakan penjual buah, sayur, kue serta kerupuk Khan Palembang.

Agar tetap dapat berjualan dan mencari nafkah, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan merelokasi 60 pedagang Pasar Cinde yang menjadi korban kebakaran tadi malam, Minggu 27 November 2022.

Wakil Walikota Palembang Fitirianti Agustinda, yang datang meninjau kelokasi, menyampaikan bahwa pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah menyiapkan tempat relokasi untuk para pedagang korban kebakartan.

"Kami telah siapkan pasar untuk merelokasi para pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Cinde," ungkapnya. Senin  28 Oktober 2022.

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Pasar Cinde Palembang

Menurut Fitri, para pedagang yang direlokasi akan ditempatkan di lapak-lapak kosong di beberapa pasar milik Pemkot Palembang.

Seperti, Pasar Palimo yang berada di KM5, Pasar 26 Ilir atau Soak Batu dan Pasar Gubah.

"Kami gratiskan dan tidak akan dipungut biaya sepeserpun, selama proses pembangunan kembali yang akan dilakukan," sampainya.

Fitri berharap, pedagang dapat mengikuti saran yang diberikan Pemerintah Kota Palembang, terkait relokasi sementara.

Dengan begitu, pedagang dapat tetap berjualan dan mencari nafkah di pasar yang sudah disediakan pemerintah kota selama proses renovasi.
"Yang paling penting sekarang, mereka bisa tetap mencari nafkah dulu," tuturnya.

 

 

Sumber: berbagai sumber