Rumah Transmigrasi di Tempirai PALI Hampir Rampung, Pemda Jateng Cek Lokasi

Rumah Transmigrasi di Tempirai PALI Hampir Rampung, Pemda Jateng Cek Lokasi

Rombongan Pemda Jateng cek lokasi transmigrasi Di Desa Temprai PALI, Jumat, 4 November 2022-radarpalembang.disway.id-

PALI, RADAR PALEMBANG - Proses pembangunan tahap I rumah atau pemukiman transmigrasi di Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara kabupaten PALI sudah memasuki tahap akhir.

Dimana pada tahap pertama ini, pemerintah pusat melalui Kementerian transmigrasi membangun 20 unit rumah transmigrasi beserta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Tentu saja, seiring mendekati rampungnya pembangunan tahap I pemukiman bagi calon transmigran itu, pemerintah daerah dari provinsi Jawa Tengah yang bakal mengutus beberapa warganya berbaur dengan masyarakat Tempirai mendatangi lokasi transmigrasi tersebut pada Jumat, 4 November 2022.

Pemda Jateng melalui Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Provinsi Jawa Tengah beserta 3 Dinas Kabupaten/Kota dalam jajarannya disambut Plt Kadin Tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten PALI diwakili Kabid Tenaga Kerja Suherman.

BACA JUGA:BSB Cabang Pendopo PALI Dorong UKM Kembangkan Usaha Melalui KUR

Selain itu, anggota BPD Tempirai Selatan Rustam Karim, Konsultan Pengawas Asmadi Ali,  beserta masyarakat lainya juga turut menyambut kedatangan rombongan dari Pemda Jateng.

Suherman menyatakan pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi atas minat Pemda Jawa Tengah untuk mengikut sertakan warganya di Transmigrasi Tempirai Selatan.

Juga menjelaskan pada utusan Pemda Jawa Tengah, bahwa Transmigrasi ini didukung prasarana lainya, dengan jarak tempuh menuju desa desa induk antara lain cukup dekat.

"Serta telah dibangun 2 KM Jalan cor beton menuju pemukiman Transmigrasi, SMP Negeri 500 meter, TK/ SD/ SMU/ pesantren/ masjid dan pasar rakyat. Sementara jarak tempuh ke ibukota Kabupaten PALI  hanya 30 menit," jelasnya.

BACA JUGA:Hujan Deras Ratusan Rumah Di Talang Ubi Pali Terendam Banjir

Setelah melihat langsung Pembangunan 20 unit perumahan calon Transmigran serta prasarana umum lainya yang dibangun diatas lahan sekitar 900 hektar itu, Candra Yuliawan,  AP, Msi Kepala bidang Penempatan Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah memberikan apresiasinya terhadap dukungan pemkab PALI.

"Kami sangat antusias atas persiapan Pemda PALI menfasilitasi prasarana lahan dan perumahan para calon Transmigran. Selain jarak tempuh sangat dekat juga kami lihat lahan ini sangat subur," ujarnya.

Diketahui sebelumnya bahwa nantinya lahan transmigrasi di Desa Tempirai Selatan bakal dihuni transmigran lokal sebanyak 60 persen dan transmigran dari luar Sumsel 40 persen.

Sumber: