Pemahaman Metaverse untuk Pengembangan Smart Campus pada PKKMB UBD

Pemahaman Metaverse untuk Pengembangan Smart Campus  pada PKKMB UBD

Dr. Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., MKM, Dekan Fakultas Ilmu Komputer memberikan pemahaman Metaverse sebagai Teknologi Masa Depan Dunia di Aula Prof. Ir. Bochari Rachman, M.Sc kepada Mahasiswa baru. Foto ist--

RADAR PALEMBANG – Dr. Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., MKM, Dekan Fakultas Ilmu Komputer memberikan pemahaman Metaverse sebagai Teknologi Masa Depan Dunia di Aula Prof. Ir. Bochari Rachman, M.Sc kepada mahasiswa baru (maba).

Paparan yang diberikan saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ilmu Komputer tahun 2022.

"Kegiatan ini dihadiri oleh Maba dan seluruh Dosen Fakultas Ilmu Komputer,” ujar Rasmila, M.Kom. selaku Koordinator Acara PKKMB Fakultas Ilmu Komputer.

Pada kesempatan ini, Maba diberikan pemahaman tentang pemanfaatan metaverse dalam kehidupan sehari-hari hingga dunia pendidikan. Pada metaverse, setiap orang dapat berinteraksi secara virtual tanpa harus bertemu fisik.

Terdapat 2 kata kunci pada Metaverse yaitu Virtual Reality dan Augmented Reality. Adapun metaverse saat ini telah diterapkan dalam pembuatan game dan juga film.

“Akan banyak virtual verse dalam physical universe manusia, sehingga diharapkan Universitas Bina Darma dapat mengembangkan Smart Campus melalui metaverse” ujar Dr. Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., MKM.

Kedepannya metaverse akan dimanfaatkan sebagai media untuk penyelenggaraan konser virtual. Selain itu, metaverse juga akan sangat membantu dalam dunia pendidikan, yang mana metaverse dapat menciptakan Smart Campus.

“Kegiatan ini turut dihadiri Alek Wijaya, S.Kom., MIT. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika dan Zaid Amin, M.Kom., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi,” jelas Iin Seprina, M.Kom, Ketua Pelaksana PKKMB Fakultas Ilmu Komputer. (hen)

Sumber https://www.binadarma.ac.id.

Sumber: