BI Bersama Enam Bank Buka Khas Keliling Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Emisi 2022

BI Bersama Enam Bank Buka Khas Keliling Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Emisi 2022

Kegiatan BI Perwakilan Sumsel sosialisasi uang rupiah kertas emisi 2022. -foto:david karnain/radar palembang)--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Bank Indonesia bersama perbankan di Sumsel giat menyosialisasikan pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada 18 Agustus 2022. Sejumlah tempat dikunjungi dengan membuka kas keliling.

Kemarin, Rabu (24/8) setidaknya ada 6 mobil kas Keliling berasal dari Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank Sumsel Babel, BNI, BRI dan Bank Syariah Indonesia di halaman masjid agung Palembang.

BACA JUGA:Ini Dia Nurmala, Korban Kekerasan Anggota DPRD Palembang, Bantah Damai Sudah Kontak Hotam Paris

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja mengatakan untuk penukaran pecahan uang rupiah kertas emisi 2022, masyarakat bisa menggunakan aplikasi pintar.

Dimana, sambung dia, bisa menukar uang mulai dari Rp 200 ribu dan maksimal Rp1 juta untuk satu orang sekali penukarannya. Serupa, lanjut dia, di mobil kas keliling.

"Kami siap melayani masyarakat, dengan kisaran penukaran 100-150 penukaran setiap harinya. Kalau di kas keliling kita sudah maksimal maka masyarakat bisa menukarkan di kas keliling Bank lainnya,"jelas dia.

BACA JUGA:Terobos Dunia Maya, Aplikasi zoom US Cam Zi Unsri Resmi Launching Saat Wisuda ke-161

Sebelumnya, Bank Indonesia bersama perbankan juga membuka layanan kas keliling di sejumlah titik di Kota Palembang. Seperti, 19 Agustus di Kambang Iwak, 22 Agustus di PTC dan kantor Bank Sumsel Babel.

Selanjutnya, jadwal kas keliling Bank Indonesia akan mampir di Rumah Kopi Sumsel 26 Agustus nanti, Pusri dan depan Bank Mandiri di 29 Agustus nanti. Dengan jam operasional 09.00-12.00 WIB.

"Sejak 18 Agustus lalu uang pecahan emisi 2022 sudah didistribusikan ke perbankan dan kita juga membuka penukaran uang di spot berbeda beda dengan tujuan menjangkau masyarakat di area Palembang,"ungkap Erwin.

Tujuan lainnya, sambung Erwin, untuk menyosialisasikan uang pecahan emisi 2022 sekaligus masyarakat bisa melakukan penukaran secara langsung. "Intinya kami siap melayani masyarakat untuk kebutuhan uang tunai."

BACA JUGA:Kekerasan Terhadap Perempuan Oleh Anggota DPRD Palembang, Hotman Paris Siap Bela Nurmala

Mengenai perbedaan di uang pecahan emisi terbaru 2022 ini, menurut Erwin, tentunya keunggulannya peningkatan kualitas dan pengamanan dari uang itu sendiri.

Ada teknologi ultraviolet terbaru, uang kertas baru ini juga menggunakan benang pengaman teknologi terkini alias microlenses yang merupakan bagian dari best practice mata uang di sejumlah negara-negara internasional.

Bahkan, BI juga melakukan penguatan teknologi tinta berubah warna dengan menambahkan fitur magnetic ink yang memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar sebagaimana best practice internasional.

BACA JUGA:Anggota Fraksi Gerindra DPRD Palembang Lakukan Kekerasan Terhadap Perempuan, Pelaku Syukri Zen Minta Maaf

Melalui emisi baru ini, lanjut dia, penggunaan warna lebih kontras, lalu kedua magnetic ink yang mana masyarakat bisa mengetahui palsu atau tidak uang tersebut hanya dalam waktu 3 detik.

Lainnya, akuinya, seperti biasa ada unsur benang pengamanan, ada blink cover untuk tuna netra biar lebih kerasa saat mengenali uang tersebut. "Ukurannya kita perbesar ada perbedaan dari 2 milimeter ke 5 milimeter sesuai dengan international best practice."

Seperti diketahui, pemerintah dan Bank Indonesia telah menggelar acara peluncuran 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada 18 Agustus 2022 di Jakarta.

BACA JUGA:Aniaya Perempuan, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Palembang Syukri Zen Terancam Dipecat

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada  HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000. Peluncuran Uang TE 2022 juga dilakukan di Sumatera Selatan pada 18 Agustus 2022 oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja.

BACA JUGA:Warga Perumahan Handayani Banyuasin Mandi Pakai Air Galon

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagi masyarakat dapat memperoleh uang TE 2022 melalui proses penukaran di loket perbankan, atau melalui layanan mobil kas keliling Bank Indonesia yang akan dimulai pada tanggal 19-29 Agustus 2022 di berbagai lokasi strategis sebagaimana terlampir.

Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling. (*)

Sumber: