IHK Sumsel Meningkat Tipis, Kepala BI: Optimisme Konsumen Cukup Kuat

IHK Sumsel Meningkat Tipis, Kepala BI: Optimisme Konsumen Cukup Kuat

RADAR PALEMBANG -  Indeks Harga Konsumsel/ IHK Sumsel  meningkat tipis pada Bulan Juni 2022 dari 0,83% (mtrn) menjadi 0,89 (mtm).

"Perkembangan IHK Sumsel,  dipengaruhi oleh inflasi yang bersumber dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau serta transportasi,"kata Kepala Perwakilan BI Sumsel Erwin Soeriadimadja.

Kepala Perwakilan BI Sumsel Erwin Soeriadimadja, IHK Sumsel meningkat tipis merupakan gambaran bahwa optimism konsumen cukup kuat.

Dengan perkembangan tersebut, sambung dia, secara tahunan, inflasi IHK Sumsel Juni 2022 tercatat sebesar 5,39% tyoy), lebih rendah dibandingkan inflasi regional Sumatera yang sebesar 5,82 % (yoy).

BACA JUGA:SKK Migas Pacu Peningkatan TKDN, ‘Dongkrak ‘ Pendapatan Daerah di Sumbagsel, Pertemukan Stake Holder

Sementara itu, inflasi nasional pada bulan Juri 2022 tercatat sebesar 4,3% (yoy). Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 2,5% (mtm) dengan andil sebesar 0,78% (mtm).

"Inflasi didorong oleh peningkatan harga pada beberapa komoditas subkelompok makanan seperti cabai merah, bawang merah, telur ayam ras, cabai rawit, serta tomat,"kata Erwin.

Ia menambahkan, IHK Sumsel meningkat tipis factor pendorongnya adalah,  peningkatan harga komoditas hortikultura.  Peningkatan IHK itu, merupakan gambaran optimisme konsumen cukup kuat  di Sumsel.

BACA JUGA:Pelaksanaan APBD Sumsel 2021, Banggar DPRD Sumsel Beri 8 Catatan Kepada Gubernur HD

Sementara tu, lanjut dia, kenaikan biaya produksi karena kenaikan harga pakan ternak juga ikut mendorong peningkatan harga telur ayam ras.

Kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran juga mengalami inflasi sebesar 0,4% (mtm) dengan andil sebesar 0,04% (mtm). Inflasi didorong oleh peningkatan inflasi pada komoditas ikan goreng yang mengalami inflasi sebesar 6,42%(mtm) dengan andil 0,014%.

Selain itu, inflasi pada kelompok ini juga didorong oleh komoditas bebek goreng yang mengalami inflasi 12,9% (mtm) dengan andil 0,005% Peningkatan inflasi komoditas tersebut didorong oleh peningkatan permintaan terhadap restoran dan kafe ditengah pelonggaran mobilitas dan liburan sekolah.

BACA JUGA:Stand Dekranasda PALI Jadi Pusat Perhatian di Sriwijaya Expo, Pengunjung Bisa Belajar Membatik

Sejalan dengan penguatan ekonomi, menurut Erwin, Survei Konsumen Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan pada bulan Juni 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat.

Hal ini terindikasi dari peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi saat Ini (IKE), Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) secara berurutan sebesar 124,56, 144,11, dan 134,33.

"Hasil survei tersebut juga menunjukkan masyarakat optimis dengan kondisi perekonomian pada 6 bulan kedepan akan lebih baik, baik dari aspek kegiatan usaha, peningkatan penghasilan, maupun ketersediaan lapangan kerja di tengah peningkatan mobilitas dan pelonggaran kebyakan pembatasan,"jelas dia.

Secara keseluruhan tahun 2022, inflasi Provinsi Sumatera Selatan diperkirakan kembali meningkat dan lebih tinggi dari tahun 2021, namun masih terkendali.

"Tekanan inflasi tersebut diperkirakan bersumber dari pulihnya permintaan masyarakat sebagai dampak dari meningkatnya mobilitas masyarakat di tengah pelonggaran kebijakan pembatasan,"ulas dia.

Ke depan, TPID Provinsi Sumatera Selatan bersama Satgas Pangan akan terus memperkuat koordinasi kebyakan guna menjaga inflasi tetap stabil serta menindaklanjuti rekomendasi dan Rapat Koordinasi Wilayah Sumatera tahun 2022 yang diselenggarakan pada 23 Juni 2022.

Tindak lanjut tersebut antara lain penguatan distribusi pangan melalui perluasan dan Optimalisasi Kerja sama Antar Daerah (KAD), penguatan konektivitas transportasi, serta hilirisasi komoditas pangan.

Disisi peningkatan produksi pangan, akan dioptimalkan pengaturan pola tanam untuk menjaga kesinambungan produkst, optimalisasi kemandirian pangan melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, serta implementasi digital farming baik di sisi hulu maupun hilir. (dav)

Sumber: