BNNK Lakukan Tes Urin Pada ASN Pemkot Prabumulih

BNNK Lakukan Tes Urin Pada ASN Pemkot Prabumulih

RADAR PALEMBANG - Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kota Prabumulih Senin, 4 Juli 2022  melakukan tes urine kepada jajaran pegawai Pemkot Prabumulih di Jalan Sindur, Kecamatan Cambai Kota Prabumulih.

Kegiatan tes Urine pegawai Pemkot Prabumulih, berlangsung sekitar pukul 7.45 WIB sampai dengan selesai. Tim medis yang mengambil sample urine para ASN itui diawasi langsung oleh  tim petugas dari BNN.

Sekda Kota Prabumulih Elman, ST, MM mengatakan, sengaja melakukan tes urine untuk memastikan  para ASN Pemkot Prabumulih, bebas dari narkoba.  ‘’Ini merupakan tindak lanjut kesepakatan antara Pemkot Prabumulih dan BNNK untuk berkolaborasi memberantas narkoba,’’ujarnya.

Dia menegaskan, tidak ingin ada pegawainya yang menggunakan atau pun mengedarkan narkoba. Jika dari tes urin nantinya terbukti ada yang menggunakan narkoba maka akan langsung kita berikan sanksi  sesuai dengan aturan yang berlaku

Sementara itu, Plt Kepala BNNK Kota  Prabumulih, Kompol Yawardiman SAg MM saat dikonfirmasi menyebutkan pelaksanaan tes urine itu  memasuki hari kedua.

Dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Prabumulih melalui  Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menggunakan sebanyak 1500 stik alat tes urine terhadap para ASN dan juga para honorer.

Untuk sementara ini, belum ada ASN dan honorer yang terindikasi positif narkoba, baik di gedung Pemkot Prabumulih maupun di luar gedung Pemkot Prabumulih. Ada 323 pegawai  telah menjalani tes urinie.  Jka ada ASN dan honorer yang positif narkoba maka akan dilakukan asesmen dan akan direhabilitasi.  

Untuk di ketahui tes ini sebagai regulasi BNN pasca memperingati Hari Anti Narkotika Indonesia (HANI) di Kota Prabumulih. Jika hasil tes urine selesai di gedung Pemkot maupun diluar gedung Pemkot maka akan di laporkan hasilnya  ke Wako Prabumulih H Ridho Yahya melalui Sekda dan pihak Dinkes yang terkait .pungkasnya. (and)

 

Sumber: