TP PKK se-Sumsel Kagumi Rumah Cinta Handayani PALI

TP PKK se-Sumsel Kagumi Rumah Cinta Handayani PALI

 

      BERDIRINYA Rumah Cinta Handayani yang berlokasi di kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), rupanya menarik minat daerah lain di Provinsi Sumatera Selatan untuk meniru atau mencontoh. Sebab, Rumah Cinta Handayani yangmerupakan pusat pelayanan terpadu bagi masyarakat sesuai fasilitas yang dimiliki, seperti pendidikan, kesehatan, juga pelayanan hukum telah banyak mendapatkan penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.

 

            Kamis (23/6/22), kader Pokja I TP-PKK seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Selatan mendatangi Rumah Cinta Handayani untuk melakukan studi tiru ke Rumah Cinta Handayani.

 

Kunjungan studi tiru kader Pokja I TP-PKK 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Selatan dipimpin Ketua Pokja TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Dr Dra Teli F Ulfiana Siwi yang disambut langsung Ketua TP PKK Kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina didampingi Pembina TP PKK Kabupaten PALI Ir H Heri Amalindo MM, serta pengurus TP PKK Kabupaten PALI.

 

Sebelum mengunjungi Rumah Cinta Handayani, seluruh kader Pokja I TP PKK dari 17 kabupaten/kota melakukan ramah tamah, serta paparan terkait latar belakang Rumah Cinta Handayani yang disampaikan langsung Ketua TP PKK Kabupaten PALI di Aula Guest House.

 

"Berawal di tahun 2016, seluruh TP PKK kabupaten/kota diundang Ketua TP.PKK Provinsi untuk membahas program unggulan di masing-masing TP PKK 17 kabupaten/kota. Saat itu terpilih 3 program unggulan yang dilaksanakan di 17 kabupaten/kota. Yaitu Kampung Manis, SMS atau Stop Meseng Sembarangan (stop buang air sembarangan), dan Rumah Cinta," ujar Hj Sri Kustina.

 

Pada program SMS, diakui Hj Sri Kustina yang juga istri dari Bupati PALI itu PALI dideklarasikan satu-satunya kabupaten di provinsi Sumatera Selatan yang mendapatkan penghargaan serta sertifikat ODF (Open Defecation Frees).

 

            "Alhamdulillah, tiga program itu di PALI berjalan, bahkan program SMS mendapat penghargaan ODF. Untuk Kampung Manis, kita bagikan bibit tebu dan mesin pemeras tebu. Sementara untuk Rumah Cinta, alhamdulillah sudah dibangun beserta fasilitasnya yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PU Perkim, dan Dinas KBPPPA," terang anggota DPR RI itu.

 

Pada Rumah Cinta Handayani, Hj Sri Kustina menyebut telah meraih penghargaan sebagai juara II tingkat nasional dalam lomba Pola Asuh Anak Remaja (PAAR). "Rumah Cinta Handayani mewakili Sumatera Selatan berhasil mendapatkan juara II secara nasional terhadap PAAR. Pada Rumah Cinta Handayani, di situ bergabung antara Pokja I sampai IV untuk melayani masyarakat, dari pendidikan, kesehatan, sosial, pendampingan hukum juga ada taman lalulintas yang semuanya gratis. Hanya satu yang tidak gratis, yaitu penitipan anak," tukasnya.

 

Sementara itu, Ketua Pokja I TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Dr Dra Teli F Ulfiana Siwi menyatakan bahwa kegiatan revitalisasi Rumah Cinta adalah program Pokja I TP.PKK Sumsel, dan memilih Rumah Cinta Handayani untuk didatangi karena diketahui bahwa Rumah Cinta inisiasi Hj Sri Kustina telah berhasil meraih beberapa penghargaan.

 

"Kita ajak kader Pokja I TP PKK di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan untuk melihat secara langsung, apa saja yang ada di Rumah Cinta Handayani serta kegiatannya. Dan antusias kader Pokja I TP.PKK dari 17 kabupaten/kota cukup tinggi yang memang pada Rumah Cita di PALI ini sangat lengkap fasilitasnya, serta menjadi pelayanan terpadu satu pintu bagi masyarakat dan berkumpulnya kegiatan Pokja I bahkan dari Pokja lainnya pada kader TP.PKK di Kabupaten PALI," ungkapnya.

 

Di tempat sama, Bupati PALI H Heri Amalindo menyampaikan dukungannya terhadap program-program TP PKK PALI, yang memang sangat membantu kelancaran pembangunan di Kabupaten PALI terutama membangun sumber daya manusia.

 

"Kami selaku pembina TP PKK Kabupaten PALI sangat mendukung program TP PKK ini, karena ini sesuatu yang luar biasa membantu pemerintah membangun SDM, mental dan fisik. Pembangunan Rumah Cinta ini awalnya sangat berat, namun berkat dukungan semua pihak terutama masyarakat, alhamdulillah Rumah Cinta berdiri dan bisa melayani masyarakat saat ini," kata Bupati.

 

            Setelah melakukan paparan, Ketua Pokja I TP PKK Sumsel menyerahkan bantuan untuk Rumah Cinta Handayani berupa 10 Alquran, satu paket alat simulasi, buku bacaan, dan sejumlah bantuan lainnya.

 

Kemudian seluruh kader Pokja I dari 17 kabupaten/kota mendatangi Rumah Cinta Handayani melihat secara langsung kondisi dan kegiatannya. Setelah itu dilanjutkan melihat kantor Dekranasda Kabupaten PALI dan Lapangan Golf Pendopo. (adv/whr)

Sumber: