Sulit Cari Kerja, Buka Sablon& Konveksi Cekos Prabumulih Kini Pasarnya Jangkau Aceh dan Papua

Sulit Cari Kerja, Buka Sablon& Konveksi Cekos Prabumulih Kini Pasarnya Jangkau Aceh dan Papua

RADAR PALEMBANG –  Pemilik Usaha Sablon&Konvesi Cekos Prabumulih  M Abdi (27) dan Toni (29) berusaha keluar dari tekanan ekonomi karena Covid-19 dengan mencoba peruntungan membuka usaha sendiri.

Ide kedua orang itu untuk memulai usaha sendiri lantaran mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Apalagi, saat Covid-19 berjangkit, jangankan menerima karyawaan sejumlah perusahaan malah melakukan PHK.

Hanya bermondalkan uang Rp 500 ribu, Abdi dan Toni bertekad membuka usaha yang mereka beri nama Sablon&Konveksi Cekos Prabumulih. Tekad itu ternyata mulai membuah hasil. Kini usaha sablon&konveksinya mulai banyak mendapatkan order.

BACA JUGA:Perebutan Piala Polda Sumsel, TIM Polisi Cilik SDN 25 Prabumulih Juara II Provinsi

Menariknya jangkauan pasar Konveksi Cekos tidak hanya di kawasan Prabumulih dan sekitarnya. Abdi dan Toni berhasil menjangkau pasar di Kota Lampung, Aceh, Malang dan Papua.

‘’Saat kami membuka usaha Sablon&Konveksi Cekos ini, mencari pekerjaan sangat sulit sementara hidup harus tetap berjalan. Karena ini kami nekat membangun usaha ini,’’terang keduanya.  

Toni menambahkan jika saat ini usaha yang mereka rintis itu, masyarakat semakin mengenalnya. Konsumen mulai percaya dengan rumah produksi Konveksi Cekos Prabumulih. Order untuk pembuatan berbagai macam produk mulai mengalir. Contohnya baju seragam sekolah.

BACA JUGA:Puluhan Tahun Disabilitas di SP Padang Tak Tersentuh Medis, Kemensos dan Pemkab OKI Datang Membantu

"Alhamdulillah, setelah dua tahun berdiri dari mulai tahun 2020 lalu. Saat ini sudah ribuan baju yang kami produksi. Pemesan produk Sablon&Konveksi cekos  datang luar Sumsel,” bebernya. 

Sementara itu  Owner Sablon dan Konveksi merk Cerkos Wawan (34) mengaku, mengutamakan kualitas produksi dan mengedepankan kepercayaan pelanggan. Persaingan jenis usaha ini di Prabamulih juga cukup ketat.

Kendati demikian, di Prabumulih hanya Konveksi Cekos yang bisa memproduksi seragam berbahan katun dengan jahitan Over Deck dan rantai. Harganya pun bersaing hanya 75.000 per pics.

‘’Untuk harga bisa disesuaikan dengan bahan yang di order oleh konsumen dengan hasil produksi sesuai dengan standar kualitas Konveksi Cekos Prabumulih.  Saat  kita kita juga sudah punya brand kaos sendiri,’’ujarnya.

BACA JUGA:Hidupkan Lagi Subuh Berjamaah, Wako Palembang Luncurkan Gerakan ASN Bersedekah

Selain melayani pembuatan pakaian sesuai order dan memberikan free untuk desain pakaian, konveksi ini juga memproduksi kaos dengan brand sendiri, Boon.ID. Kualitas yang siap bersaing dengan produk lainnya di tanah air.

Owner Cerkos Prabumulih ini  buka usaha di Perumnas Vina sejahtera 1 RT 01 RW 08 Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur ini. Dia  makin dipercaya atas kepiawaiannya dalam menciptakan seragam terbaik dengan kualitas premium.

Dia juga mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kota Prabumulih melalui Disperindag untuk memberikan pelatihan sablon di LKP Sari yang berada di Kelurahan Majasari.

Wawan menambahkan untuk membuktikan kualitas dari produksi Sablon& Konveksi Cerkos Prabumulih miliknya. Dia pun mengajak masyarakat untuk melihat-lihat hasil produksi. Masyarakat juga bisa mengikutinya melalui jejaring media sosial faceebook (FB) dan Instagram (IG) Cerkos Prabumulih. (and)

Sumber: