Kemenkominfo Luncurkan Kampanye Video untuk Jangkau Generasi Muda di Kawasan 3T Indonesia

Kemenkominfo Luncurkan Kampanye Video untuk Jangkau Generasi Muda di Kawasan 3T Indonesia

RADAR PALEMBANG Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemenkominfo Republik Indonesia menghadirkan video literasi digital targetkan masyarakat milenial dan generasi Z di wilayah terluar terpencil dan tertinggal 3T di Indonesia Di bawah payung program Gerakan Nasional Literasi Digital GLND Siberkreasi video kampanye ini menekankan pada muatan lokal dan bahasa daerah untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya etika digital dan keamanan daring di daerah tersebut Menurut Rizki Ameliah Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo video ini dibuat untuk menarik atensi pemuda dan kaum milenial di Indonesia Generasi Z dan milenial merupakan bagian utama dari target audiens literasi digital kami apalagi hampir 54 dari total populasi negara kita merupakan generasi Z dan milenial Ditambah lagi lebih dari 43 penduduk Indonesia tinggal di pedesaan tentunya penting bagi kami untuk memaksimalkan kampanye yang menargetkan masyarakat di daerah 3T ujar Rizki Mengemas isu literasi digital dalam muatan video atraktif Video ini menghadirkan film pendek dalam bahasa daerah untuk menjangkau generasi Z dan milenial dari kawasan 3T yaitu Bondowoso Situbondo Bangkalan dan Sampang serta area lain di sekitar Jawa Timur Film pendek ini mengeksplorasi berbagai isu penting terkait literasi digital seperti keamanan daring penipuan dan keamanan siber Kami mengemas literasi digital ini ke dalam bahasa daerah sehingga kami dapat mengkomunikasikan pesan kami secara lebih personal kepada target audiens kami Inilah sebabnya kami memilih untuk membuat seluruh film dalam bahasa Jawa Literasi digital harus menjadi topik yang mudah dicerna menarik dan berdampak bagi semua orang di Indonesia dari berbagai macam daerah yang memiliki bahasa yang berbeda tambah Rizki Mengajarkan netiket dan memerangi cyberbullying Dalam film pendek ini dibahas berbagai risiko serius dalam lingkungan digital lewat metode percakapan humor dan teknik bercerita yang menarik Cara ini diharapkan dapat membantu menangkis berbagai hoaks di dunia maya cyberbullying dan penipuan daring Saat ini keamanan daring dan etika berinternet menjadi perhatian utama netizen Indonesia dalam berinteraksi di dunia digital Menurut Indeks Keberadaban Digital atau sebuah laporan global tahunan yang meneliti level kesopanan dan risiko daring pada generasi muda dan masyarakat dewasa netizen Indonesia berisiko menjadi korban penipuan internet dan pelecehan daring Laporan tersebut juga menemukan bahwa hampir 50 netizen yang disurvei mengaku pernah terlibat dalam cyberbullying Sementara itu survei APJII Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia baru baru ini mengungkapkan bahwa 31 6 korban pelecehan dan penipuan daring di Indonesiamerasa tidak berdaya untuk membela diri dari hal hal tersebut Isu seperti ini banyak terjadi di daerah pedesaan yang terpencil di mana 38 4 netizen yang disurvei mengakui tidak memiliki pengalaman yang cukup di dunia digital Melalui film pendek ini kami ingin mengajarkan etika berinternet netiket yang benar kepada netizen Indonesia mendorong mereka untuk menjaga pola komunikasi daring yang aman serta cakap dalam melindungi diri dari cyberbullying dan penipuan daring ujar Rizki Film pendek hasil kerjasama dengan Racavana Film ini dapat diakses di https www youtube com watch v O9B4lVa6AK4dan tersedia dalam bahasa Jawa dengan subtitle Bahasa Indonesia hen

Sumber: