Guys, Ini Waktu Terbaik Aktifkan Fitur Sirkulasi Udara di Kabin Mobil

Sabtu 19-10-2024,08:27 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

1. Saat Berada di Mobil dalam Waktu Lama

Ternyata saat menyalakan AC mobil, Anda disarankan tidak hanya menyalakan dan langsung mendiamkan AC bekerja sendiri begitu saja. Terdapat tombol fitur yang berguna untuk mengatur sirkulasi udara.

Saat berada di mobil dalam waktu lama, misal terjebak macet atau perjalanan jauh maka fitur sirkulasi udara wajib dinyalakan. Hal ini bertujuan agar udara di dalam kabin dapat berganti.

Karena jika tidak menyalakan fitur sirkulasi udara saat sudah terlalu lama di mobil, udara di dalam mobil berisiko kotor dan tidak segar lagi. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan berkendara kamu.

BACA JUGA:Simak, Ini Tips Terhindar dari Insiden Pecah Ban Mobil Saat Berkendara

2. Saat Selesai Parkir di Tempat Panas

Sirkulasi udara di kabin mobil wajib berjalan dan berganti saat selesai parkir di tempat panas. Kamu dapat menekan tombol ikon “panah masuk ke dalam” untuk membiarkan udara segar fresh air masuk ke dalam kabin.

Saat dirasa udara segar sudah masuk dan kabin sudah lebih dingin, kamu dapat menekan tombol “panah melingkar” untuk bisa mempertahankan fresh air di dalam kabin. Maka, Anda tidak perlu merasakan panas terlalu lama saat berada di dalam kabin.

3. Saat Mobil Masuk Terowongan

BACA JUGA:7 Tips Beli Mobil SUV, yang Terakhir Paling Penting, Kalau Gak Punya Bisa Gak Jadi Beli

Idealnya, ternyata fitur atau tombol sirkulasi udara berguna di berbagai area minim polusi dengan cuaca yang dingin, seperti di luar negeri. Makanya, terkadang ada beberapa pakar yang menyarankan untuk mengaktifkan fitur sirkulasi udara saat berada di terowongan.

Hal ini dikarenakan di luar negeri, terowongan merupakan tempat yang memiliki kualitas udara yang buruk. Sehingga, saat mobil melintasi terowongan wajib mengaktifkan fitur pergantian sirkulasi udara.

4. Saat Berada di Jalan Dataran Tinggi

Waktu yang tepat untuk mengaktifkan fitur sirkulasi udara berikutnya adalah saat Anda berkendara di dataran tinggi. Ini saatnya Anda menikmati udara segar dari pegunungan atau perbukitan masuk ke dalam kabin mobil Anda.

BACA JUGA:Tips Aman Saat Test Drive Mobil di Pameran Otomotif, Simak Yuk!

Tapi Anda perlu ingat, saat setelah membiarkan udara dari luar masuk kabin, disarankan untuk menonaktifkan atau menutup sistem sirkulasi udara. Tujuannya agar kinerja AC di dalam kabin tetap baik dan optimal.

Kategori :