Tular Nalar UBD Bekali Gen Z Agar Bijak Menggunakan Media Sosial

Selasa 15-10-2024,10:42 WIB
Reporter : Henny Efendi
Editor : Swandra Yadi

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID –  Tular Nalar Universitas Bina Darma (UBD) Palembang memberikan edukasi kepada Gen Z di SMK Negeri 2 Palembang.

Edukasi ini diberikan agar dapat lebih bijak dan berpikir kritis dalam bermedia sosial dan siap menghadapi hoaks dan berfikir kritis melalui program Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Mafindo bersama Google pada tanggal 10 Oktober 2024.

Acara ini sukses digelar dan dihadiri oleh 103 siswa SMA yang difasilitasi oleh 10 fasilitator bertempat di Ruang Rapat Utama SMK Negeri 2 Palembang. 

PIC Tular Nalar UBD, Dwi Maharani M.I.Kom mengatakan, program Sekolah Kebangsaan ini ialah pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh Mafindo dan didukung oleh Google dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi z yang bijak bermedia sosial dan siap memilih yang dibekali pemikiran kritis. 

BACA JUGA:Mahasiswa UBD Raih Medali Perunggu di Kejuaraan Provinsi Piala Pangdam II Sriwijaya 2024

"Adik-adik di sini berkesempatan mendapat ilmu di mana kami akan  memberikan dan ajarkan lebih dalam tentang pemilu guna menghadapi usia siap memilih oleh para fasilitator,” katanya.

Sehingga lanjutnya, semua peserta ketika bermedia sosial tidak hanya melihat, percaya dan berkomentar. Namun juga mulai berpikir atau bernalar untuk mencari dan berfikir kritis terhadap informasi yang ada di media sosial.

Tular Nalar UBD sendiri menjadi penyelenggara pertama yang dilakukan Universitas Swasta di Sumatera Selatan. Melalui program ini, berupaya merangkul generani muda yang memasuki usia siap memilih untuk dapat lebih dalam  mengenali segala informasi yang ada di media sosial agar dapat menjadi pengguna yang bijak dalam menyebarkan informasi dan membentengi diri dari berbagai berita hoax serta segala kejahatan dunia maya. 

Kegiatan ini disambut hangat dan penuh apresiasi oleh pihak sekolah yang di sampaikan oleh bapak H Suparman, S.Pd, M.Si, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 dalam sambutannya. 

BACA JUGA:Tingkatkan Sinergi, UBD Tandatangani MoU dengan UT

Ia juga berharap, setelah adanya pelatihan ini para siswa lebih paham terkait dunia digital dan bisa bernalar dalam menggunakan media sosial.

"Kami sangat menyambut dengan tangan terbuka teman-teman semuanya yang hari ini datang untuk melaksanakan kegiatan Sekolah Kebangsaan serta mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang,” ungkapnya.

Setelah kegiatan ini, pihaknya berharap para siswa lebih paham terkait dunia digital dan telah dibekali wawasan agar siap ketika menjadi pemilih pemula di Pilkada 

Salah satu peserta Sekolah Kebangsaan, Nia Lestari turut menyampaikan pesan dalam kegiatan ini. Baginya banyak informasi baru yang ia dapatkan, terkhusus dalam menghadapi pemberitaan hoaxs dengan dibekali tiga tips mengenali mengacauan  informasi pemilu. 

BACA JUGA:UBD Gelar Seminar, Ajak Gen Z Investasi Pasar Modal

Kategori :