Bukan Motor, Yamaha Bakal Meluncurkan Mobil Listrik, Berjenis Sport, Hasil Kolaborasi dengan Caterham

Selasa 08-10-2024,13:04 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Yamaha Motor Co., Ltd bakal segera meluncurkan mobil listrik berjenis sport hasil kerjasama dengan Caterham EVo Limited.

Melansir dari laman resmi Yamaha Proyek mobil listrik tersebut diberinama 'Project V'. Adapun proyek mobil listrik Yamaha ini dipimpin oleh  Caterham EVo Limited, yakni anak perusahaan VT Holdings Co., Ltd. yang berbasis di Inggris.

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan proyek menuju produksi massal dan komersialisasi," dalam pernyataan resmi Yamaha Minggu, 6 Oktober 2024.

Project V adalah proyek pengembangan mobil sport listrik yang mewarisi DNA Caterham, yang mengutamakan kesenangan berkendara dengan prinsip-prinsip ringan dan juga sederhana, serta menyenangkan untuk dikendarai.

BACA JUGA:Tips Sederhana Tetap Aman Berkendara Mobil Listrik buat Pemula, Wajib Baca!

BACA JUGA:Mau Tahu Harga Mobil Listrik di Indonesia? Yuk Intip Model Terbaru, Berikut Daftarnya!

Caterham awalnya meluncurkan mobil konsep untuk Project V di Goodwood Festival of Speed di Inggris pada Juli 2023 dan kemudian di Tokyo Auto Salon, bulan Januari 2024.

Saat ini, bekerja sama dengan Tokyo R&D Co., Ltd. (berkantor pusat di Chiyoda, Tokyo, selanjutnya disebut Tokyo R&D), mereka tengah mengembangkan dan memproduksi kendaraan prototipe, yang ditargetkan selesai sekitar pertengahan tahun 2025, dengan tujuan untuk produksi massal dan komersialisasi.

"Yamaha Motor secara independen mengembangkan e-axle, komponen utama dari powertrain listrik, dan akan memasok model uji coba untuk prototipe tersebut.

Dalam hal kontrol gerakan kendaraan, kami juga akan menyediakan teknologi dan keahlian, yang bertujuan untuk mewujudkan Caterham Powered by Yamaha Motor," tulis Yamaha.

BACA JUGA:Wuling BinguoEV Masih Pegang Predikat Mobil Listrik Terlaris Hingga Agustus 2024, Ini Alasannya!

BACA JUGA:Kenalan Yuk Sama Nissan Sakura, Mobil Listrik Imut yang Dibandrol Rp 200 Jutaan

Sebagai informasi, Yamaha Motor memiliki target untuk mencapai netralitas karbon dalam cakupan emisi 3 pada tahun 2050.

"Kami terlibat pengembangan mesin listrik kecil yang ringan yang canggih, yang merupakan kekuatan perusahaan, dan pada bulan Maret 2024, kami mengumumkan masuknya ke Kejuaraan Dunia Formula E," sebut Yamaha.

"Untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan, Yamaha Motor terus mempromosikan penelitian dan pengembangan teknologi yang berkontribusi pada keberlanjutan," tutup pernyataan tersebut.

Kategori :