Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK dan Mandiri Inhealth Sasar Mahasiswa UGM

Minggu 06-10-2024,20:43 WIB
Reporter : Henny Efendi
Editor : Swandra Yadi

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menempatkan peningkatan literasi keuangan sebagai prioritas utama untuk menciptakan kesejahteraan yang menyeluruh. 

Sebagai upaya mendorong peningkatan literasi tersebut, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) turut serta dan berperan aktif dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya generasi muda. 

Gandeng OJK dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Mandiri Inhealth hadir memberikan Kuliah Umum dengan topik “Literasi Keuangan dan Perkembangan Industri Asuransi” kepada lebih dari 100 Mahasiswa, 4 Oktober 2024.

Eko Yunianto, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta yang hadir sebagai pembicara dalam Kuliah Umum menyampaikan, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2024 menunjukkan indeks literasi keuangan penduduk Indonesia sebesar 65,43 persen, sementara indeks inklusi keuangan sebesar 75,02 persen. 

BACA JUGA:BI Ingatkan Perbankan Soal Penggunaan AI, OJK: Pentingnya Privasi dan Keamanan Data

Masih relatif kecilnya indeks literasi dan inklusi keuangan tersebut menjadi tantangan OJK, akademisi, industri jasa keuangan maupun stakeholder lainnya. Untuk itu diperlukan sinergi dan kolaborasi yang lebih intens antara OJK dengan seluruh stakeholders.

Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ak., CA. Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yang juga hadir dalam Kuliah Umum menuturkan, melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat semakin mendorong berbagai pihak yang terkait untuk meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat luas terutama generasi muda. 

“Dengan begitu, kita bersama-sama dapat membangun fondasi yang kuat bagi generasi mendatang, sehingga mereka dapat mengambil keputusan finansial yang cerdas dan mencapai kesejahteraan finansial yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara, Marihot H Tambunan, Direktur Kepatuhan Mandiri Inhealth menuturkan, Mandiri Inhealth berkomitmen untuk secara aktif mendukung OJK dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.

BACA JUGA:Konsisten Perkuat Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah, BSI Terima Penghargaan dari OJK

“Salah satunya melalui upaya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan kepada masyarakat, khususnya generasi muda,” jelasnya.

Melalui kolaborasi ini pihaknya juga berharap dapat menciptakan sinergi yang positif dengan Perguruan Tinggi untuk bersama-sama mendorong peningkatan literasi keuangan bagi Mahasiswa, yang saat ini adalah Generasi Z.

 

Kategori :