Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Minggu 06-10-2024,08:57 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Cara mendeteksi kerusakan kopling mobil sebenarnya sangat mudah.

Mobil tiba-tiba lemah bisa jadi merupakan salah satu indikasi terjadi kerusakan kopling. 

Kopling mobil merupakan salah satu komponen yang mempunyai fungsi penting terutama pada mobil manual. Sistem kopling sangat mempengaruhi kelancaran laju mobil saat di jalan. Apabila sistem ini bermasalah, maka laju kendaraan bisa terganggu.

Adapun fungsi utama dari kopling adalah menghubungkan serta memutuskan putaran mesin ke bagian transmisi. Supaya dapat berfungsi dengan maksimal, kamu harus merawat kopling dengan baik seperti mengganti kampas secara rutin. 

BACA JUGA:Berbagai Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

Ciri-Ciri Kopling Mobil Rusak

Kopling kendaraan terdiri dari beberapa komponen seperti cover clutch, flywheel, dan lainnya. Jika laju mobil kamu tiba-tiba tidak lancar, bisa jadi terdapat masalah pada komponen kopling seperti kampas kopling tipis.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi masalah pada kopling. Salah satunya bisa mendeteksi kerusakan pada kopling dengan mengetahui ciri-ciri kopling rusak seperti berikut ini:

1. Akselerasi Mobil Lemah

BACA JUGA:Tips Sederhana Tetap Aman Berkendara Mobil Listrik buat Pemula, Wajib Baca!

Kopling yang rusak bisa ditandai dengan akselerasi mobil yang berubah menjadi lemah atau tidak bertenaga. Atau meski sudah memasukkan gigi dan kopling dalam kondisi terangkat, mobil tetap tidak mau berjalan. Kondisi tersebut bisa membuat mobil kesulitan ketika melewati jalanan yang menanjak. 

2. Pedal Kopling Terasa Keras atau Terlalu Longgar

Berikutnya pedal kopling terasa sangat keras atau sangat longgar ketika ditekan. Pedal bisa langsung turun ke bawah tanpa Anda menginjak pedal dengan keras. Pedal yang terasa longgar saat ditekan bisa menandakan jika kopling bermasalah atau sudah aus.

3. Terdengar Suara Aneh

BACA JUGA:7 Tips Beli Mobil SUV, yang Terakhir Paling Penting, Kalau Gak Punya Bisa Gak Jadi Beli

Kategori :