Angkat Kearifan Lokal, Chef Hotel Santika Radial ini Sabet Juara 2 BGCC 2024, Bonus Kursus Masak ke Thailand

Minggu 29-09-2024,07:41 WIB
Reporter : Henny Efendi
Editor : Swandra Yadi

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Ari Wibowo, Chef Hotel Santika Radial Palembang berhasil menyabet Juara 2 di Bright Gas Cooking Competition (BGCC) 2024, dan berkesempatan mengikuti kursus masak di Le Cordon Bleu Thailand.

Selain kursus masak di salah satu sekolah masak terbaik di dunia,  pria kelahiran Palembang ini juga meraih hadiah lainnya berupa uang tunai, logam mulia, tabung Bright Gas, dan paket alat masak premium.

Disebutkan pria yang sempat wara-wiri di hotel berbintang, terakhir di Park Hyatt Jakarta ini, pada awalnya ia tidak terlalu antusias mengikuti kompetisi ini. Setelah mengetahui ajang ini terbuka untuk umum, ia dengan semangat menggebu memutuskan untuk mengikuti kompetisi ini.

“Aku pikir kompetisi dari Pertamina ini hanya untuk UMKM, ternyata bisa untuk umum. Apalagi jujur, salah satu hadiah bisa ikut kursus di Le Cordon Bleu, Thailand, tempat impian para chef belajar masak,” urainya saat dibincangi di Hotel Santika Radial, 27 September 2024.

BACA JUGA:Santika Ajak Asah Kemampuan Anak dengan Kreasi Hias Mini Tumpeng

Dalam kesempatan ini, ia juga menceritakan perjuangan sedari awal hingga ia berhasil meraih juara 2 di kompetisi masak ini.

Tahap awal mengikuti kompetisi, ia harus mengirimkan video masak dengan durasi satu menit. Tak disangka, video yang ia buat berhasil masuk 40 besar. 

Setelah itu, ia harus melalui proses interview secara online dan kembali masuk 30 besar. Baru setelah ini unjuk kebolehan dimulai secara langsung. Kompetisi masak ini berbarengan dengan Festival Sriwijaya di Monpera Palembang pada bulan Juni 2024.

“Saat itu, kita hanya bawa badan, tidak bawa bahan dan alat masak, semua disiapkan. Kita juga tidak tau mau masak apa karena sistemnya black box. Sampai di lokasi ternyata bahan utamanya  ikan tenggiri,” terangnya.

BACA JUGA:Santika Fair B2B Buka Peluang Kerja Sama Baru

Dengan tekad mengangkat masakan khas Sumsel, ia pun mengolah ikan tersebut menjadi menu unik yakni Tenggiri Pensir Saus Burgo. Menu ini berhasil mengantar dia masuk ke dalam 10 besar.

Hanya dalam waktu 10 menit, ia dan peserta lainnya diberikan kesempatan untuk memperbaiki makanan yang disajikan, baik penampilan maupun rasa. Akhirnya ia berhasil mengantongi juara kedua dan akan dikirim ke grand final di Jakarta pada tanggal 8 September 2024.

Menjajaki grand final, kembali ia mendapat pilihan mengolah ikan tenggiri dari mistery box. Ia pun mulai menunjukkan kepiawaian memasak dengan menyajikan pindang kasap, untuk saus ia tampilkan saus bumbu anam.

“Jadi ada dua menu yang aku tampilkan, satu warisan Kerajaan Sriwijaya, satu lagi Kesultanan Palembang, jadi namanya Pawon Swarna Dwipa,” terangnya.

BACA JUGA:Mau Liburan Seru? Staycation Yuk di Santika Radial, Ada Promo Kamar Hotel Terbaru

Kategori :