12 Cara Merawat Mobil Tua Biar Tetap Gacor, Bukan Cuma Soal Mesin, Hal Ini juga harus jadi Perhatian

Minggu 22-09-2024,08:38 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

Jika terjadi kegagalan sistem, ini dapat menyebabkan mobil mogok di jalan. Jadi, jika menemukan lampu yang mati atau perangkat lain yang tidak berfungsi, segera ganti atau perbaiki untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda.

Perhatikan Sistem Pengereman

Sistem rem adalah komponen mobil terpenting yang menjamin keselamatan ketika berkendara di jalan raya. Beberapa contoh bagian dari sistem rem yang harus selalu diperhatikan adalah kampas dan minyak rem.

BACA JUGA:Enam Tips Penting Memilih Mobil Pertama untuk Gen Z

Anda wajib mengganti kampas rem dan minyak rem sesuai dengan interval yang direkomendasikan, biasanya setiap 20-30 ribu kilometer atau setiap 1-2 tahun sekali. Tujuannya yaitu untuk menjaga performa pengereman agar tetap optimal.

Jaga Kondisi Aki

Aki yang sehat adalah kunci untuk memastikan mobil Anda dapat dinyalakan dengan lancar setiap saat, meski usianya sudah tua. Karena itu, lakukan pemeriksaan berkala pada aki dan jangan lupa membersihkan terminal dari korosi.

Pastikan kabel-kabel terpasang dengan kuat dan tidak ada tanda-tanda kebocoran asam dari cairan aki. Jika akinya menunjukkan gejala melemah, pertimbangkan untuk menggantinya dengan aki baru agar tidak terjadi masalah.

BACA JUGA:7 Tips Kembangkan Peluang Usaha Bisnis Otomotif, Raup Banyak Cuan dan Keuntungan

Perhatikan Sistem Pendinginan

Salah satu penyebab mobil tua menjadi lebih cepat rusak adalah karena mesinnya rentan mengalami overheat (suhu panas berlebih). Itu sebabnya, sistem  pendinginan memainkan peran penting dalam menjaga suhu mesin pada tingkat yang aman.

Periksa secara berkala level cairan pendingin di mobil Anda, dan pastikan tidak ada kebocoran. Jangan lupa juga, bersihkan radiator dari kotoran atau debu yang dapat menghambat aliran udara hingga membuat suhu mesin menjadi panas berlebihan..

Perawatan Sistem Suspensi dan Kaki-kaki Mobil

BACA JUGA:6 Tips Praktis Rem Aman, Hindari Bahaya Kurangi Risiko Kecelakaan

Fungsi sistem suspensi dan kaki-kaki mobil sangat krusial dalam memastikan kenyamanan berkendara. Selalu periksa secara berkala keausan atau kerusakan pada berbagai komponen suspensi Anda.

Contohnya seperti shock absorber (peredam kejut), per, dan komponen lainnya. Pastikan juga roda dan ban dalam kondisi baik. Bila perlu, lakukan perawatan spooring dan balancing pada kaki-kaki mobil secara berkala di bengkel resmi.

Kategori :