Penting Tau Cara Mengemudi Mobil Matic di Jalan Sempit, Biar Minimalisir Risiko

Selasa 03-09-2024,08:48 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

Tidak lain adalah agar Anda dapat bermanuver dengan ruang yang cukup jika terjadi peristiwa tidak terduga.

Kendaraan lain di sekitar mobil Anda juga memiliki waktu yang cukup untuk bereaksi karena masih tersedia jarak yang aman. Adapun menjaga jarak aman perlu Anda lakukan baik jarak dari kanan, kiri, serta jarak dengan mobil di depan Anda.

BACA JUGA:Tips Bawa Barang di Mobil Saat Pergi Liburan Biar Gak Sumpek, Salah Satunya Manfaatkan Kompartemen

Menjaga jarak dengan mobil di area depan akan membantu Anda mengerem saat ada mobil dari arah berlawanan. Ini memudahkan mobil tersebut lewat lebih mudah ketika berpapasan dengan mobil Anda tanpa berisiko menyerempet sisi mobil.

6. Menerapkan Teknik Mengemudi yang Tepat

Cara mengemudi mobil matic di jalan sempit harus menerapkan teknik yang tepat. Anda bisa menerapkan teknik ‘push-pull’ atau pun ‘hand-over-hand’ dalam mengendalikan kemudi mobil.

Dua teknik tersebut memungkinkan Anda bermanuver secara halus dan terkendali. Terlebih bila harus melakukan belokan di area yang sempit.

BACA JUGA:6 Tips Aman Berkendara saat Hujan Turun, Poin Terakhir Agar Anda Selamat Jika Ada Hujan Badai

Menerapkan teknik ‘push-pull’ akan menjaga posisi tangan tetap aman sekaligus memberi kontrol kemudi yang lebih efektif.

Sementara itu, teknik ‘hand-over-hand’ perlu Anda lakukan dengan tidak menyilangkan kedua tangan terlalu jauh. Ini akan memastikan kontrol terhadap kemudi lebih baik serta meminimalkan risiko kesalahan.

7. Memanfaatkan Sensor Parkir

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan sensor parkir pada mobil sebagai alat bantu saat melewati jalan sempit. Sensor parkir membantu Anda mendapatkan peringatan ketika terdapat objek yang jaraknya terlalu dekat ke mobil.

BACA JUGA:6 Tips Mudah Belajar Mobil Bagi Pemula, Penting Diingat Saat Berkendara

Memerhatikan indikator peringatan tersebut meminimalkan risiko kecelakaan kecil maupun besar di jalan sempit.

Segera cek kondisi di sekitar mobil dengan spion jika Anda mendengar sensor parkir berbunyi. Lalu, sesuaikan posisi mobilnya dengan hati-hati.

8. Memilih Gigi yang Sesuai

Kategori :